spot_img
spot_img

Menyoal Pendekatan Baru bagi Utilitas Stablecoin

Menilik sorotan utama di jaringan BSC (Binance Smart Chain), ada hal menarik yang datang dari Ekosistem Mars.

Berbekal beberapa APR tertinggi di ruang DeFi dan TVL yang terus berkembang, tim Mars belum lama ini telah mendapatkan “Monthly Star” dalam program Binance Smart Chain bertajuk “Most Valuable Builder” dan bekerja untuk menciptakan kembali utilitas stablecoin.

Dengan dukungan BSC, itu telah menambahkan lapisan kredibilitas ke ekosistem Mars yang terus berkembang.

Sekadar informasi, stablecoin adalah kripto yang nilainya dipatok ke aset lain seperti mata uang fiat atau komoditas seperti emas.

Setiap stablecoin akan memiliki aset cadangan tersimpan yang nilainya sama (1:1) dengan nilai stablecoin yang beredar.

Kekhawatiran Utama Stablecoin 

Saat ini, stablecoin cukup menuai banyak keuntungan besar karena perannya yang cukup besar dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Membawa stabilitas harga, desentralisasi dan skalabilitas, stablecoin masih menjadi aset kripto utama yang digunakan dalam DeFi karena bersifat layaknya mata uang fiat (harganya tidak volatil).

Dan saat ini, sebagian besar stablecoin memiliki jaminan yang berlebihan yang secara langsung mempengaruhi skalabilitasnya.

Juga, kini banyak stablecoin dipatok ke aset yang disimpan dalam sistem terpusat yang secara efektif bertentangan dengan etos teknologi blockchain dan DeFi.

Meskipun stablecoin berbasis algoritma yang menghilangkan masalah jaminan, stabilitas harganya masih menjadi perhatian besar.

Secara ringkas, aset stabil ini memiliki dua masalah utama, yakni masalah eksternalitas positif dan masalah integrasi.

Masalah eksternalitas positif mencerminkan ketidakseimbangan dalam upaya untuk menghargai rasio untuk stable coin.

Keduanya terkait dengan aplikasi DeFi, yang tampaknya masih belum seirama yang menyebabkan masalah kekurangan pasokan dan juga stabilitas.

Untuk mengatasi ini, ekosistem Mars berdiri terpisah sebagai paradigma stablecoin terdesentralisasi dengan sistem all-inclusive untuk menangkap utilitas kripto ini”yang sebenarnya”.

Ekosistem Mars

Untuk mengatasi masalah tersebut, ekosistem Mars menghadirkan tiga bagian sistem utama, yang terkonsentrasi untuk menghasilkan ekosistem stablecoin dengan stabilitas harga tinggi, desentralisasi tinggi dan potensi skalabilitas.

Perbendaharaan Mars

Ini adalah fondasi di mana ekosistem Mars berada dan tumbuh. Blok penyusunnya adalah USDM atau USD-Mars (stable coin asli ekosistem Mars) dan XMS (token Ekosistem Mars).

Perbendaharaan ini dibangun untuk mendukung berbagai jenis kripto dari seperti BTC hingga DeFi.

Stablecoin Mars

Ini adalah USDM, yang dapat dicetak dengan aset yang terdaftar di Mars Treasury senilai US$1.

Pasokan maksimum USDM relatif terhadap kapitalisasi pasar XMS. Batas pasokan ini adalah bagian dari mekanisme kontrol produksi mereka yang memperhitungkan pengguna untuk memastikan harga USDM selalu stabil dan sama dengan cadangannya.

Protokol DeFi Mars

Ini adalah serangkaian fungsi yang ditambahkan ke ekosistem Mars untuk memfasilitasi transaksi, meningkatkan likuiditas dan meningkatkan utilitas USDM sebagai alat tukar dan penyimpan nilai.

Pertama dalam rangkaian protokol DeFi adalah Mars Swap yang merupakan DEX (bursa terdesentralisasi) bertenaga pembuat pasar otomatis (AMM) yang mirip dengan Uniswap.

Dari tiga bagian sistem utama ini, ekosistem Mars tampak akan menghadirkan stablecoin yang berbeda, dalam hal positif.

Kripto bernilai fiat ini, USDM yang lebih berskala dan stabil, akan berjalan dalam protokol DeFi dan DEX yang telah dirancang dengan baik.

Ini adalah masa depan yang akan mengubah masa depan DeFi dan kripto ke arah yang semakin luar biasa. [st]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait