Menyoal Redenominasi Kripto BitTorrent (BTT) dan Peluang BitTorrent Chain

Redenominasi kripto BitTorrent (BTT) dijadwalkan tuntas pada Rabu (12/1/2022), pasca meluncurnya protokol BitTorrent Chain (BTTC) pada 12 Desember 2021 lalu. Lantas apa itu redenominasi dan seberapa besar dampakĀ  BitTorrent Chain pada nilai proyek besutan Justin Sun ini?

Dimulainya debut BitTorrent Chain (BTTC) hampir bersamaan waktunya dengan keputusan Justin Sun hengkang dari pucuk pimpinan Tron Foundation, organisasi yang membawahi proyek blockchain Tron dan termasuk perusahaan ternama BitTorrent yang diakusisinya pada Juni 2018.

Sun mengatakan dia didapuk sebagai duta besar WTO (World Trade Organization) untuk negara sangat kecil, bernama Granada, Kepulauan Karibia. Sun mengaku tidak sepenuhnya meninggalkan Tron Foundation, tetapi sekadar turun dari kepemimpinan sebagai CEO. Ia juga beralasan Tron sudah cukup desentralistik.

Apa Itu Redenominasi BTT?

Redenominasi BTT adalah penyederhanaan nominal/angka kripto BTT. Nisbah (ratio) redenominasinya adalah 1:1000. Semua pemegang kripto BTT wajib menukarnya menjadi versi baru, kelak bersimbol BTTC.

IKLAN

Dalam proses konversi terkait redenominasi ini, BTT versi lama disebut dengan BTTOLD. Sedangkan hasil konversi disebut BTT. Karena rasionya adalah 1:1000, maka 1 BTTOLD setara dengan 1000 BTT. Sedangkan misalnya 0,1 BTTOLD setara dengan 100 BTT. Tidak ada nilai tukar yang berubah, hanya angka saja.

Proses konversi ini bisa dilakukan di blockchain Tron secara manual, khususnya yang menggunakan wallet non-exchange. Sedangkan pengguna yang punya wallet BTT di bursa kripto, tidak perlu khawatir, karena akan ditukar secara otomatis. Di Indonesia, sejumlah bursa sudah melakukannya, seperti Tokocrypto, Zipmex dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menukar BTT versi lama menjadi versi baru secara manual, bisa dilakukan di laman ini resmi BitTorrent Chain ini.

Dalam proses konversi ini ada pula sebutan BTT_e dan BTT_b. Tim BitTorrent menyebutkan, bahwa kripto BTT yang diterbitkan di blockchain berbeda akan diberikan simbol yang berbeda pula di blockchain BitTorrent Chain.

IKLAN

BTT yang diterbitkan di blockchain Tron, Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC), masing-masing disebut dengan BTT, BTT_e dan BTT_b di BitTorrent Chain.

Proses konversi ini harus dilakukan sebelum tanggal 12 Januari 2022. Jika tidak dilakukan, khusus saldo pengguna di non-exchange wallet, maka token BTT lama tidak dapat digunakan sama sekali.

Apa Selanjutnya dan Apa Manfaat BitTorrent Chain?

Setelah proses konversi usai, maka simbol baru BTT akan menjadi BTTC, karena akan didapuk sebagai native crypto untuk protokol baru itu, yakni BitTorrent Chain. Jadi, BTT yang diterbitkan sebelumnya di blockchain Tron (BTT lama) akan secara otomatis di-burn (dimusnahkan) dalam proses konversi itu.

Justin Sun Mundur Sebagai CEO Tron, Ada Apa?

IKLAN

Nah, lantas bagaimana cerita BitTorrent Chain (BTTC) ini? Secara umum, ada dua produk utama di ekosistem Tron Foundation dan Perusahaan BitTorrent. Tron Foundation punya blockchain bernama Tron dengan native kripto TRX.

Sedangkan perusahaan BitTorrent punya BTT khusus untuk ekosistem perusahaan itu sendiri. BTT sendiri memang diterbitkan sebelumnya di blockchain Tron.

Apa Itu BitTorrent Chain (BTTC)?

BitTorrent Chain, nama kriptonya kelak disebut BTTC, adalah jaringan yang mirip seperti blockchain. Ia diterapkan agar dapat berjalan paralel dengan blockchain lain. Secara teknis ini disebut sidechain untuk menerapkan interoperability, di mana antar jaringan yang berbeda bisa terhubung dan berkomunikasi secara luwes. Ini diibaratkan sebuah jembatan antar pulau.

Sebelum ada protokol sidechain, semua jenis blockchain punya protokol (sistem dan ketentuan yang berbeda-beda), sehingga sulit terhubung secara langsung. Kalaupun bisa, justru tak efisien dan segi waktu dan biaya (aspek skalabilitas).

Artinya sidechain BitTorrent Chain ini dianggap solusi yang lebih fleksibel untuk mencapai interoperability yang lebih tinggi, dengan blockchain Ethereum, Binance Smart Chain (BSC) termasuk dengan blockchain Tron sendiri.

Muara dari sidechain BitTorrent Chain ini, seperti yang diklaim Tim Bittorrent adalah transaksi bisa mencapai 7 ribu transaksi per detik (secara teoritis), biaya transaksi sekitar setara US$0,01, konfirmasi setiap transaksi hanya 3 detik. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait