Merdeka! TVL DeFi Melejit Jadi US$6,2 Miliar, Bitcoin Mencapai 47 Ribu

Gila! Total Value Locked (TVL) DeFi (Decentralized Finance) melejit menjadi US$6,2 miliar. Capaian itu mencetak pertumbuhan tinggi selama 30 dan 90 hari terakhir, masing-masing 121 persen dan 588 persen. Bitcoin tersimpan mencapai 47 ribu BTC!

Pengguna aset kripto di seluruh dunia tampaknya patut bangga, karena terapan kelas aset baru itu kinclong di sektor turunannya, yakni keuangan desentralisik alias DeFi. Nilai Total Simpanan (Total Value Locked/TVL) terus tumbuh besar.

Berdasarkan data dari DefiPulse, Tercatat hari ini, 17 Agustus 2020, TVL melaju di US$6,2 miliar. Dalam 90 hari terakhir melonjak hingga 588 persen.

Pertumbuhan TVL DeFi secara keseluruhan, sejak Oktober 2017.
Pertumbuhan TVL DeFi dalam 30 hari terakhir.
Pertumbuhan TVL DeFi dalam 90 hari terakhir.

DeFi Maker masih mendominasi saat ini (US$1,46 miliar), disusul oleh Aave (US$1,12 miliar) dan di tempat ke-3 ada Curve Finance (US$997,8 juta).

BERITA TERKAIT  Perdagangan Bitcoin Berjangka Bakkt Telah Dibuka Pagi Ini
10 DeFi teratas versi DefiPulse.com.

Secara total dalam 30 hari terakhir ada sekitar 4,5 juta ETH yang ter-lock di Defi. Angka itu agak melandai tipis setelah 14 Agustus 2020. Hal sebaliknya terjadi pada Bitcoin, yakni mencapai 47 ribu BTC.

Bisa dikatakan Tahun 2020 adalah tahun bagi sektor DeFi (decentralized finance atau keuangan desentralistik) dalam satu tubuh aset kripto.

Kendati terhitung masif, gerakan DeFi masih memiliki perjalanan panjang. Total nilai sektor DeFi per Maret 2020 mencapai US$900 juta. Nilainya melonjak menjadi US$5,9 miliar per 16 Agustus 2020.

Namun, itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan total aset yang dikelola bank ke-10 terbesar di Amerika Serikat yang mencapai ratusan miliar dolar. Maklumkan saja, bahwa aset kripto secara umum saja masih baru, apalagi sektor DeFi sebagai sub sektor-nya.

Di sisi lain, mayoritas konsumen belum mengenal, apalagi memiliki aset kripto. Mereka menyimpan hartanya di bank dan lembaga keuangan sentral lain, serta berinvestasi hanya di emas, saham dan obligasi.

Transisi dari Ethereum 1.0 ke 2.0 juga harus diperhatikan bagi ekosistem DeFi. Jika aplikasi DeFi tidak bisa dengan mudah pindah ke Ethereum 2.0, hanya akan ada sedikit aktivitas di rantai baru tersebut. Sebab itu, Ethereum memiliki tugas besar untuk merilis Ethereum 2.0 di tahun 2020. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO