Metaverse Sudah Eksis, Kripto Jadikan Lebih Baik

Pendiri Solana, Anatoly Yakovenko, berkata kripto akan membuat metaverse menjadi lebih baik dan berpeluang mengalahkan model bisnis iklan internet yang bobrok. Dan juga, kripto dapat menjadikan metaverse lebih baik di bidang penggunaan data oleh perusahaan.

Kripto Menjadikan Metaverse Lebih Baik

Metaverse kian digandrungi investor yang ramai-ramai memburu lahan virtual dan benda digital mewah. Pekan lalu, empat proyek metaverse menjual lahan dengan nilai total US$106 juta.

Evolusi internet tersebut tampak baru saja mulai, tetapi Yakovenko berkata metaverse sudah jadi realita yang dapat diperbaiki dengan integrasi kripto.

Metaverse sudah ada disini tetapi dalam keadaan resolusi rendah dan belum terlalu jernih,” jelas Yakovenko dalam wawancara dengan Business Insider.

Yakovenko mendirikan Solana bersama Raj Gokal pada bulan Maret 2020. Protokol ini mirip dengan Ethereum, yaitu sama-sama memiliki kapabilitas keuangan desentralistik (DeFi).

Selain itu, Solana juga dapat menjalankan non-fungible token (NFT) dengan kecepatan lebih tinggi dan biaya lebih hemat dibanding pesaingnya.

Pengembang di sektor kripto mencari metaverse sebagai tempat membangun bisnis. Dua metaverse besar, Sandbox dan Decentraland, berjalan pada blockchain Ethereum.

Yakovenko berkata pengembang yang memahami mekanisme metaverse akan membangun perangkat bagi pencipta konten membuat pengalaman virtual mandiri.

Menurutnya, setelah itu tercapai, metaverse tidak akan bersifat tunggal seperti Sandbox, melainkan serangkaian metaverse kecil yang saling terhubung dan berbagi pengalaman.

Yakovenko meyakini keuntungan besar aktivitas di metaverse adalah dunia virtual itu tidak akan memiliki tantangan sama soal penanganan data dan privasi pengguna layaknya media sosial dan mesin penelusuran saat ini.

Metaverse menawarkan kripto peluang untuk mendobrak kuasa perusahaan teknologi raksasa di bidang pemanfaatan data pengguna.

“Saya pikir peluang bagi kripto adalah menjadikan metaverse lebih baik, sebab model bisnis yang marak di internet saat ini cenderung bobrok,” tambah Yakovenko.

Ia menjelaskan, perusahaan yang mengendalikan pasar dan mencuri data lalu menjualnya ke pembeli serta mencekoki pengguna dengan informasi yang tidak diinginkan adalah model yang buruk.

Sandbox, Decentraland dan platform play-to-earn Axie Infinity masing-masing memiliki token yang tahun ini melambung tinggi. Token Decentraland (MANA) meningkat 16 ribu persen, sedangkan Sandbox (SAND) naik 5.400 persen. Axie Infinity (AXS) meroket 25 ribu persen.

Sebab itu, banyak investor dan pengelola aset digital percaya metaverse adalah peluang bernilai trilyunan dolar. [businessinsider.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait