Mike Novogratz: Investor Institusi Akan Datang 6-12 Bulan Lagi

61
IKLAN

Mantan manajer dana di Wall Street dan pendukung Bitcoin termasyhur, Mike Novogratz berpendapat, investor institusi akan mulai memasuki pasar kripto dalam 6 sampai 12 bulan mendatang, seiring dibukanya solusi kustodi. Pendapat itu ia utarakan dalam wawancara kepada Bloomberg saat acara Milken Institute MINA Summit yang digelar di Abu Dhabi.

Novogratz mengakui, tahun 2018 adalah tahun yang bergejolak bagi pasar kripto, sebab banyak kripto yang nilainya anjlok lebih dari 90 persen, sementara kapitalisasi pasar totalnya kehilangan lebih dari US$700 miliar. Kendati demikian, Novogratz tetap berpegang teguh pemulihan akan terjadi.

Miliarder tersebut mengatakana, semua investor ritel yang naik dan turun sudah hilang dan pasar saat ini dalam proses transisi dari fase “revolusi rakyat” beralih ke kepemilikan institusi. Novogratz juga menekankan semua infrastruktur yang dibutuhkan institusi untuk merasa nyaman, sedang bertumbuh.

Novogratz menyoroti Bakkt dan Fidelity sebagai langkah penting untuk menghadirkan solusi kustodian yang terpercaya. Fidelity dikabarkan akan meluncur awal bulan depan, sementara Bakkt yang didirikan oleh Intercontinental Exchange, berencana membuka perdagangan berjangka Bitcoin fisik di kuartal pertama tahun ini.

“Ada empat atau lima solusi kustodi yang bagus. Semua kustodian tersebut bekerjasama dengan institusi. Fidelity memiliki 100 sampai 300 prospek yang mengantri untuk menjadi pelanggan. Karena jumlah pelanggan yang banyak, institusi tidak akan langsung terjun di hari pertama, melainkan akan masuk secara pelan-pelan sambil melihat bagaimana industri kripto berjalan,” jelas Novogratz.

Pakar kripto itu memrediksi, institusi akan mengalokasikan sebagian kecil aset mereka di pasar kripto selama 6 sampai 12 bulan mendatang sambil menekankan bahwa sebagian kecil aset institusi berarti uang yang berjumlah sangat banyak.

Berkomentar soal Bitcoin, Novogratz berpendapat harganya bisa naik atau turun. Sebelumnya, ia pernah memrediksi harga Bitcoin akan menjadi US$40 ribu. Saat ini, Novogratz melihat ada kemungkinan pasar kripto akan menggelembung kembali jika melihat sejarah gelembung di masa lalu.

“Kita berada di semacam keseimbangan di rentang US$3.400 dan US$3.600. Apakah Bitcoin bisa turun lagi? Tentu bisa, bisa naik atau turun. Tetapi saya merasa kita sedang berada di titik bawah dan gerakan berikutnya bisa membawa harga Bitcoin jadi jauh lebih tinggi,” tambah Novogratz.

Selain memberikan prediksi harga, Novogratz berkata Bitcoin akan menjadi “emas digital.” Bitcoin akan menjadi tempat di mana seorang individu memiliki uang yang berdaulat. Ia menjelaskan, “Bitcoin bukan uang Amerika, bukan uang Tiongkok, ia uang yang berdaulat. Kedaulatan harganya mahal, dan memang seharusnya begitu.”

Novogratz bukanlah satu-satunya tokoh yang membandingkan Bitcoin dengan logam mulia. Beberapa pendukung kripto seperti Barry Silbert dari Digital Currency Group berargumen Bitcoin 50 kali lebih berguna dibanding emas. Winklevoss bersaudara, pemilik bursa kripto Gemini, juga mengatakan Bitcoin lebih baik daripada emas. [bitcoinist.com/ed]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini