Mimpi Absurd 2.0: Harga Shiba Inu (SHIB) Jadi US$1

Harga Shiba Inu (SHIB) pernah merasa di atas angin dengan melesat jutaan persen di tahun 2021, yang kini telah terperosot lebih dari 90 persen karena koreksi hebat yang melanda sejak November lalu.

Ekosistem yang terus dikembangkan, termasuk mekanisme burn yang digenjot dengan cepat, menjadi dasaran bagi mimpi para pendukung token meme ini untuk mencapai harga US$1.

Pada saat penulisan, harga SHIB berada di kisaran US$0,00001167, harga yang masih dipertahankan sejak 8 hari lamanya. Kini harga SHIB hampir mirip seperti harga dari token yang tengah jatuh terpuruk, LUNA.

Melihat performa dari pergerakan harganya saat ini, dan betapa banyaknya angka nol di dalamnya, tentu mengharapkan ini menjadi US$1 adalah absurd, bahkan jika itu terjadi di dalam mimpi Anda.

SHIB dan Circulating Supply-nya

Pada saat penulisan, circulating supply, alias suplai yang beredar, dari token SHIB menurut data dari portal burn Shiba Inu, Shibburn, ada sebanyak 554.931.160.858.148.

Angka tersebut telah berkurang hampir setengah jumlah maksimal suplainya di 1 quadriliun, dengan kapitalisasi pasar saat ini  di US$$6.396.102.280.

Sebelum crash pasar, kapitalisasi pasar dari SHIB di harga ATH mencapai lebih dari US$40 juta. Itu artinya, kejatuhan pasar saat ini telah menghilangkan lebih dari 80 persen kapitaliasi pasar token meme ini.

Bisakah Harga Shiba Inu (SHIB) Mencapai Harga US$1?

Angka US$1 terdengar sangat familiar dalam impian para pemegang token meme, khususnya Shiba Inu dan Dogecoin (DOGE).

Entah mengapa, khususnya para investor yang masih awam, masih terlena dengan impian tersebut, yang secara data itu terdengar absurd.

Untuk membawa harga Shiba Inu menjadi US$1, dari kondisi terkini, tentu dibutuhkan usaha yang amat sangat luar biasa karena banyaknya angka nol yang harus dihilangkan.

Dengan pasokan saat ini, kita bulatkan saja menjadi 554 triliun token, maka kapitalisasi pasar dari SHIB harus mencapai US$554 triliun. Melirik kapitalisasi pasar saat ini, itu berarti harus bertumbuh sekitar 86,8 ribu kali lipat.

Sedangkan, total kapitalisasi dari pasar kripto saat ini saja ada di US$1,26 triliun.

Lalu, apakah itu akan terjadi? Tentu saja ini terdengar sangat mustahil karena SHIB harus mengumpulkan seluruh uang di muka bumi ini, hanya demi mencapai US$1, atau bahkan untuk sekadar mendekatinya.

Jika harga ingin mencapai US$1 di kapitalisasi pasar saat ini pun, itu artinya ekosistem harus membakar lebih dari 99 persen pasokannya. Terdengar semakin absurd.

Mencapai harga US$1 lebih terdengar meyakinkan jika kita membicarakan kripto Ripple, XRP.

Saat ini, suplai beredar dari XRP ada di 48,34 miliar, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$19,72 miliar, dengan harga US$0,407.

Itu artinya, kapitalisasi pasar XRP untuk mencapai harga US$1 harus sebesar US$48,34 miliar. Hanya perlu bertumbuh sekitar 2,45 kali lipat. Terlihat lebih masuk akal.

Jadi, marilah bangun dari mimpi, khususnya mimpi yang absurd tentang harga Shiba Inu jadi US$1 dengan supply yang teramat sangat berlimpah itu. [st]

 

 

 

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait