spot_img
spot_img

Miramax Gugat Quentin Tarantino Atas Penjualan NFT Film Pulp Fiction

Perusahaan film Miramax menggugat sutradara Quentin Tarantino atas penjualan NFT dari film Pulp Fiction yang populer. Tarantino bersikeras ia memiliki hak untuk melakukan itu, tetapi Miramax berbeda pendapat.

Miramax adalah perusahaan yang memproduksi film terbitan tahun 1994 itu. Tarantino menguasai hak untuk menerbitkan naskah skenario. Tetapi Miramax berkata NFT tidak diliputi oleh hak penerbitan tersebut.

NFT Pulp Fiction

NFT Pulp Fiction akan berisi adegan original disertai rekaman Tarantino yang mengungkap rincian baru. Penjualan itu dilakukan melalui platform Secret Network.

“Perilisan NFT Tarantino akan menjadi jenis pertama pada blockchain Secret Network. Tujuh NFT unik akan dipasarkan dan menampilkan naskah tertulis Pulp Fiction disertai komentar audio dari Tarantino sendiri,” jelas Secret Network.

Secret Network merupakan blockchain privat layer 1 yang diciptakan SCRT Labs. Pada blockchain ini, NFT akan menjadi rahasia dan hanya dapat diakses oleh pemiliknya.

Hal ini menjadikan tuntutan hukum Miramax sulit. Pasalnya, hanya pemilik NFT yang dapat melihat isinya sehingga Miramax tidak mengetahui konten yang menjadi dasar tuntutan.

Menanggapi perilisan NFT Pulp Fiction, Tarantino berkata ia senang mempresentasikan adegan ekslusif dari film tersebut kepada para penggemar. Secret Network beserta NFTnya memberikan dunia baru untuk menghubungkan artis dan penggemar, tambahnya.

Berkas tuntutan hukum Miramax memiliki panjang 60 halaman. Pihak Miramax mengeluhkan sikap Tarantino yang tidak mengajak Miramax, padahal Tarantino menyerahkan hampir semua hak Pulp Fiction kepada Miramax pada tahun 1993.

“Hak Tarantino dalam persetujuan operasi terlalu sempit bagi dia untuk memproduksi, menjual dan memasarkan NFT Pulp Fiction,” tegas Miramax.

Pengacara Miramax berkata Secret Network bersikap rakus dan ceroboh sebab mengabaikan perjanjian yang ditangani Tarantino. Menurutnya, tindakan Tarantino merusak hak NFT Pulp Fiction yang dapat dimaksimalkan oleh Miramax melalui strategi yang komprehensif.

Secret Network membalas bahwa NFT ditujukan untuk memberdayakan pencipta konten dan menghubungkan mereka secara langsung dengan komunitas.

“Kini, dunia media ingin mengambil langkah ke belakang. Kami berdiri bersama pencipta,” tandas Secret Network. [newsbtc.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait