Mungkinkah Harga XRP Naik Jadi US$10 Jika Kasus SEC dan Ripple Labs Selesai?

Prediksi harga XRP naik tetap netral seiring investor menunggu keputusan sidang bagi kasus antara Ripple Labs dan Komisi Bursa Sekuritas AS (SEC). Bila kasus tersebut berujung positif, maka XRP berpeluang menguat melampaui all-time high US$3,4.

Baik Ripple Labs maupun SEC mengajukan keputusan kesimpulan yang berarti kasus tersebut telah memasuki tahap final dan penyelesaian akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Prediksi Harga XRP Naik 

Pada 29 September lalu, Hakim Pengadilan Negeri Analisa Torres menolak keberatan SEC dan memerintahkan lembaga tersebut untuk menyerahkan dokumen Hinman.

Perintah itu mengklaim SEC melewati tenggat waktu untuk mengajukan pertimbangan ulang terkait penyerahan dokumen Hinman.

IKLAN

Dokumen Hinman adalah berkas terkait pidato William Hinman, mantan Direktur Divisi Keuangan Korporat SEC, pada acara Yahoo Finance All Market Summit tahun 2018.

Saat itu, Hinman mengecualikan Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) dari pelanggaran sekuritas dengan dalih kedua jaringan tersebut memiliki tingkat desentralisasi yang memadai.

Ripple Labs menggunakan perkataan Hinman tersebut sebagai bukti bahwa XRP bukan kontrak investasi. XRP digadang sebagai aset kripto mirip ETH, sehingga XRP seharusnya tidak dihitung sebagai sekuritas.

Crypto News melansir, pengacara James Filan berkata SEC dapat memanfaatkan manuver prosedural untuk menunda penyerahan dokumen Hinman.

IKLAN

Filan menambahkan, SEC dapat memakai beberapa strategi untuk menunda penyerahan dokumen sehingga memperpanjang proses persidangan dua hingga tiga bulan.

Perusahaan charter pesawat pribadi TapJets dan penyedia pembayaran I-Remit telah memohon untuk mengajukan berkas amicus curiae atau sahabat pengadilan demi mendukung Ripple Labs.

SEC mendesak pengadilan agar menolak permohonan tersebut dengan dalih berkas tersebut tidak relevan terhadap kasus yang berjalan. Tetapi, pengadilan memberikan izin bagi TapJets dan I-Remit untuk menyerahkan berkas itu.

Grafik harga harian XRP menunjukkan aset kripto tersebut membentuk pola ascending channel. Setelah memasuki rentang tersebut, volatilitas XRP menurun dan berpeluang menguat kembali.

Harga XRP saat ini berada di bagian bawah rentang tersebut dan pelan-pelan memanjat. Peluang terbesar bagi harga XRP naik adalah pergerakan tenang hingga para investor bull siap membeli.

Kendati demikian, sejumlah indikator menandakan harga XRP berpeluang menurun. Jumlah volume yang berkurang menjadi pertanda harga akan berbalik bila investor tidak mendukung XRP sehingga angka US$10 tidak akan tercapai dalam waktu dekat. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait