NFT Johnny Depp Kian Dilirik Setelah Menang Gugatan Amber Heard

Sejumlah NFT (non-fungible token) Johnny Depp kian dilirik setelah ia memenangkan dalam pengadilan menggugat mantan istrinya, Amber Heard di AS kemarin.

NFT itu merepresentasikan banyak karya lukis asli dari tangan dingin aktor tampan itu.

Karena gugatan itu mencuri perhatian publik dunia, NFT yang pertama kali terbit pada Januari 2022 itu juga turut dilirik. Bahkan harganya juga meningkat, akibat daya tawar yang tiba-tiba melonjak.

Pria 58 tahun itu punya lebih dari 3859 unit yang disatukan dalam satu koleksi bertajuk¬† “Never Fear Truth”.

NFT Johnny Depp

Koleksi NFT itu memiliki harga dasar (floor price) sempat berkisar 0,52 ETH (sekitar US$944). Sebelum sidang yang memantik perhatian dunia itu, koleksi NFT itu praktis tidak dilirik sejak 11 Maret 2020, ketika floor price-nya mencapai 1,64 ETH. Ketika itu harga Ether sekitar US$2.664. Koleksi ini pertama kali diluncurkan pada Januari 2022 dengan harga mulai dari 0,70 ETH per unit.

NFT Johnny Depp Simbol Tak Takut Kebenaran

“‘Never Fear Truth’ adalah koleksi asli 3.850 NFT yang dibuat oleh Johnny Depp. Setiap NFT adalah simbol kedekatan dirinya dengan para penggemarnya lewat karya seni,” tertera di bagian deskripsi koleksi itu di OpenSea.

Semua NFT karya seni buatan Johnny Depp itu memang tidak diterbitkan secara langsung oleh dirinya, melainkan dibantu oleh MakersPlace. Kini status akun NFT itu Rarible adalah “verified“. NFT serupa juga tersedia di OpenSea.

Pemeran utama film Pirates of the Caribbean itu memang dikenal punya bakat seni. Gambar-gambar yang dibuatnya dan dijadikan NFT itu ada juga yang menggambarkan kedekatan dirinya dengan aktor lain yang menjadi pusat inspirasi seni perannya, yakni Heath Ledger, Tim Burton, River Phoenix, Elizabeth Taylor, Al Pacino hingga Hunter Thompson.

Depp dan Romantisme Bersama Vanessa Paradis

Sebelum Johnny Depp menggugat mantan istrinya Amber Heard karena pencemaran nama baik, aktor ini pernah menjalin hubungan selama 14 tahun dengan Vanessa Paradis.

Depp bertemu dengan model Prancis di Paris pada tahun 1998 ketika dirinya sedang syuting The Ninth Gate. Depp dan Paradis, yang berpisah pada tahun 2012, tidak pernah menikah. Mereka memiliki dua orang anak, yakni Lily-Rose, lahir pada 1999, dan Jack, lahir pada 2002.

Johnny Depp dinyatakan menang dalam kasus gugatan pencemaran nama baik terhadap Amber Heard di pengadilan Virginia, Amerika Serikat. Dalam kasus itu, Depp memenangkan uang ganti rugi US$10,35 juta atau sekitar Rp150 miliar.

Meski menang, Depp juga tetap harus membayar ganti rugi terhadap Heard sebesar US$2 juta. Keputusan tersebut berdasarkan hasil diskusi para juri yang telah mengikuti persidangan selama enam pekan.

Apa Itu NFT?

NFT dapat dianalogikan sebagai sertifikat digital yang disimpan di blockchain yang menyatakan kepemilikan semua format file digital, mulai dari gambar JPG, PNG, format suara WAV hingga format video MP4. Sedangkan file itu sendiri tidak disimpan di blockchain, tetapi di komputer server biasa ataupun jaringan simpan peer-to-peer seperti IPFS. Adanya istilah “token” pada NFT karena datanya direpresentasikan dalam bentuk transaksi. Kekinian, use case NFT pun diperluas lewat game interaktif ataupun metaverse seperti di Decentraland atau The Sandbox. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait