Satu NFT seni digital yang dibuat oleh robot humanoid, Sophia laku terjual US$688.888 setara Rp9,9 milyar.

Karya seni NFT berdurasi 12 detik itu dibuat oleh robot bernama Sophia dengan pola seniman Italia, Andrea Bonaceto.

“Algoritma saya menghasilkan pola unik yang tidak pernah ada di dunia sebelumnya. Jadi menurut saya mesin dapat menjadi kreatif,” kata Sophia sang robot humanoid, dilansir dari Yahoo TV.

Untuk menghasilkan karya itu, Sophia pun dengan seniman digital Italia Andrea Bonaceto untuk membuat karya seni ber-file MP4 dengan durasi 12 detik.

Lukisan Bonaceto pun terlihat berubah dan berevolusi menjadi karya seni digital sebagaimana ditampilkan Yahoo dalam videonya itu. Dengan karya digital ini, dunia kian panas di tengah kepopuleran seni NFT.

BERITA TERKAIT  Diduga Cuci Uang Rp577 Juta Pakai Bitcoin, Warga Australia Diringkus

Dengan fasilitas blockchain, karya-karya seni diklaum menjadi aman dan terverifikasi perihal kepemilikan seperti penjualan karya ini.

Sophia adalah robot berkategori humanoid, karena bisa berpikir, berbicara dan bergerak mirip manusia, berkat kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Sophia sendiri sudah lama dibidani oleh perusahaan Hanson Robotics asal Hong Kong pada tahun 2016.

Hanya saja, kemampuannya menafsirkan gaya visual manusia adalah pembuktikan kecanggihan teknologi yang dicangkokkan ke dalam prosesornya.

Robot tersebut telah menggabungkan elemen dari karya Bonaceto, sejarah seni dan gambar fisik atau lukisannya sendiri pada berbagai permukaan beberapa kali dalam proses yang digambarkan oleh penciptanya David Hanson sebagai “iterative loops of evolution“.

BERITA TERKAIT  Keunggulan Binance Smart Chain Akan Dibahas di Acara Ini

“Kami menggunakan jaringan self learning dan algoritma genetika dalam karya saya, dan jenis kreativitas komputasi lainnya. Algoritma menghasilkan pola unik yang tidak pernah ada di dunia sebelumnya. Jadi saya pikir saya adalah mesin yang kreatif,” jawab Sophia dilansir dari Reuters. [bar]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO