NFT Lagu “Human Race” Once Mekel Dijual Setara Rp143 Juta Pakai Kripto Casper

Inilah penampakan Once Mekel masuk dunia kripto lewat NFT lagu Human Race yang diterbitkan di toko NFT Wise.art. Metode pembayaran menggunakan kripto Casper (CSPRT), setara dengan US$10 ribu (Rp143 juta). Tersedia 10 ribu unit NFT.

Beberapa hari yang lalu Mantan vokalis grup band Dewa 19 Once Mekel mengumumkan penerbitan NFT untuk lagu Human Race yang ia nyanyikan bersama musisi dunia papan atas.

“Mereka (WiseArt) melihat misi kita dan mereka sama. Lagu Human Race itu buat charity, mereka ingin melahirkan NFT yang kesannya ‘green‘ soal lingkungan,” lanjut Once, dilansir dari Fimela, Minggu (13/3/2022).

Pendapatan dari program ini akan menjadi kontribusi kepada program Human Race Forest kerjasama dengan ForestNation untuk mencegah climate change,” ucap Indra Putra inisiator proyek NFT ini.

Dalam rilis itu, Once memang tidak menginformasikan berapa harga NFT lagu tersebut. Namun, berdasarkan penelusuran redaksi Blockchainmedia.id, NFT Human Race dijual setara Rp143 juta dalam bentuk aset kripto CASPER di toko NFT Wise.Art. Jumlah NFT yang diterbitkan oleh blockchain CASPER itu hanya 10 ribu unit saja.

Proyek sosial ini “The Dream Project”, beranggotakan Jeff Scott Soto (AS), Once Mekel (Indonesia), Dino Jelusic (Kroasia) Instrument Player (s): Derek Sherinian, Keyboard (AS), Billy Sheehan–Bass (AS), Simon Philips–Drums (AS), Ron “Bumblefoot” Thal, Lead Guitar (AS) dan Edo Widiz, Rythm & Lead Guitar (Indonesia).

Apa Itu NFT?

NFT alias Non-Fungible Token adalah token khusus berdasarkan smart contract yang diterbitkan di blockchain untuk merepresentasikan file digital, baik gambar, video ataupun suara.

Manfaat utamanya adalah sebagai bukti kepemilikan atas file digital itu. Dalam hal ini pemilik asli file digital yang direpresentasikan oleh NFT adalah Once dan kawan-kawan musisi lainnya. Ketika NFT itu dibeli, maka kepemilikan token berpindah kepada sang pembeli.

Karena transaksi direkam di blockchain, maka publik secara terbuka bisa melacak transaksinya dari pangkal hingga ujung.

Rawan Replikasi

Mengingat file digital disimpan di komputer server biasa, maka file itu bisa diunduh dari toko NFT dan dijual di toko NFT yang berbeda. Sehingga ini sangat rawan replikasi, walaupun token itu sendiri memang tidak bisa diduplikasi karena unik mewakili file digital itu.

Ada 2 NFT Ridwan Kamil yang Sekilas Sama, Manakah yang Asli?

Rawannya replikasi itu pernah terjadi pada NFT yang diterbitkan oleh Ridwan Kamil pada beberapa bulan lalu, termasuk NFT video Ketua MPR. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait