Nike Masuki Metaverse, Luncurkan Sepatu Kets Virtual

Nike berencana memasuki sektor metaverse dengan peluncuran sepatu kets digital. Perusahaan pakaian olahraga tersebut menyusul merk-merk lain yang terjun ke industri barang digital.

Nike mengumumkan telah mengakuisisi RTFKT, perusahaan yang menciptakan sepatu kets digital dan benda digital lain dalam bentuk NFT yang memanfaatkan teknologi blockchain.

Akuisisi tersebut terjadi tidak lama setelah RTFKT sukses meluncurkan NFT avatar, CloneX, dengan total transaksi mencapai puluhan juta dolar dalam waktu singkat.

John Donahoe, CEO Nike, berkata akuisisi tersebut adalah langkah yang mempercepat transformasi digital Nike sehingga dapat melayani atlet dan seniman di gabungan olahraga, kreativitas, gaming dan budaya.

IKLAN

Nike tidak memberikan rincian soal akuisisi tersebut. Kendati demikian, pembelian itu mencerminkan minat yang tinggi dari merk-merk ternama kepada NFT.

Pada bulan Mei, NFT tas Gucci terjual dengan harga lebih mahal dibanding tas fisik. Ketertarikan terhadap NFT dan barang digital diiringi prediksi bahwa metaverse, yakni internet dengan virtual reality, akan menggantikan web yang ada saat ini.

Sektor ritel adalah salah satu yang bisa ditransformasi dimana pembeli dapat memakai kacamata virtual reality untuk memeriksa replika tiga dimensi dari barang fisik seperti baju.

Nike telah membuka Nikeland, showroom virtual di platform gaming Roblox dimana pengunjung dapat mengenakan baju Nike kepada avatar tiga dimensi mereka.

Didirikan tahun lalu, RTFKT melihat peluang di bidang sepatu kets dan NFT. Pasalnya, keduanya seringkali diinginkan sebagai barang kolektibel.

Pada bulan Maret, RTFKT dikabarkan menjual 600 pasang sepatu kets fisik dengan total nilai US$3,1 juta. Tetapi nilai asli dari sepatu kets tersebut adalah versi NFT yang dibanderol bersama dengan versi fisiknya.

“Kami senang menumbuhkan brand kami yang sepenuhnya terbentuk di metaverse,” jelas co-founder RTFKT Benoit Pagotto melalui pernyataan resmi.

NFT semakin diminati selama setahun terakhir. Pegiat NFT memrediksi teknologi NFT akan dipakai meluas sebagai salah satu bentuk bukti kepemilikan aset digital.

Di sisi lain, pihak skeptis berkata konsep barang digital terlalu digembar-gemborkan. Terlepas dari itu, beberapa NFT menarik perhatian masyarakat sebab dijual dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan dolar AS. [prestigeonline.com/ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait