Nilai DeFi Kini US$3,8 Miliar, Bisa Tembus US$5 Miliar

591

Nilai sektor DeFi (Decentralized Finance) terus tumbuh cepat. Total Value Locked (TVL) baru saja mencapai $3,8 miliar. Jikalau kecepatan pertumbuhan itu tetap, maka diperkirakan akan tumbuh lagi mencapai US$5 miliar.

DeFi mengacu pada produk keuangan non-kustodial yang desentralistik seperti protokol peminjaman (lending) aset kripto dan stablecoin. Sebagian besar dari mereka berjalan di blockchain Ethereum. Total Value Locked (TVL) bermakna jumlah dana yang mengalir melalui kontrak pintar (smart contract).


DeFi terus tumbuh sangat cepat. Pada Selasa pekan lalu, TVL-nya mencapai US$3 miliar berdasarkan data dari DeFiPulse.com. Tiga hari kemudian, pada Jumat nilainya meningkat sepertiga menjadi mendekati US$4 miliar.

DeFi mencapai US$2 miliar pada tanggal 7 Juli 2020, dua minggu sebelum mencapai US$3 miliar. Lonjakan DeFi menjadi hampir US$4 miliar dalam waktu kurang dari seminggu, menunjukkan bahwa itu tumbuh lebih cepat dari sebelumnya.

Tiga protokol DeFi terbesar adalah Compound, Aave, dan Maker (posisi berganti setiap hari). Mereka semua protokol peminjaman, meskipun Maker juga mengoperasikan Dai, stablecoin yang desentralistik.

Saat ini, Maker adalah proyek DeFi terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Menurut DeFi Pulse, US$832 juta aset kripto “dikunci” dalam kontraknya. Ada US$601,8 juta terkunci di Compound dan jumlah yang sama di Aave.

Popularitas DeFi melonjak bulan lalu ketika Compound merilis governance token. Compound adalah proyek yang dibangun di atas blockchain Ethereum yang memungkinkan orang untuk meminjamkan dan meminjam aset kripto.

Setelah diterbitkan, harga token itu dengan cepat melonjak lebih dari 60 persen untuk mendapatkan posisi teratas di DeFiMarketCap. Kapitalisasi pasar total untuk token DeFi dengan cepat naik di atas US$3 miliar. [Decrypt/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO