Obligasi Bitcoin El Salvador Bidik Investasi Setara Rp7,1 Triliun

Obligasi Bitcoin oleh Pemerintah El Salvador, yang direncanakan diluncurkan pada Maret 2022 mendatang, membidik investasi sebesar US$500 juta atau setara Rp7,1 triliun. Obligasi akan memanfaatkan blockchain Bitcoin lewat protokol khusus.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Strategi Blockstream, Samson Mow, dilansir dari BeInCrypto, Jumat (11/2/2022).

Pernyataan itu terkai rencana Kementerian Keuangan El Salvador menerbitkan obligasi (surat utang) pemerintah bernilai Bitcoin kepada publik dan negara lain yang berminat. Menurut menteri, obligasi siap dijual mulai 20 Maret 2022 mendatang.

Negara Amerika Tengah itu berencana menjual obligasi bernilai Bitcoin dengan jangka waktu 10 tahun. Denominasi berupa dolar AS senilai US$1 miliar dengan kupon 6,5 persen.

Direncanakan obligasi itu akan diterbitkan secara digital menggunakan protokol sidechain, Liquid Network Blockstream, yang dibangun di atas blockchain Bitcoin. Blockstream sendiri adalah perusahaan milik Adam Back, yang makalahnya “Hashcash” dirujuk di whitepaper Bitcoin.

Samson Mow sendiri adalah arsitek utama proyek obligasi bernilai Bitcoin pertama kali di di dunia itu.

Kepada BeInCrypto ia mengatakan, bahwa obligasi tersebut telah menerima lebih dari US$500 juta dalam komitmen verbal, beberapa minggu yang lalu.

Mow tidak membahas rincian lebih lanjut. Namun, menurutnya, angka tersebut menunjukkan peningkatan lebih dari 66 persen dalam komitmen dari US$300 juta yang dilaporkan awal Desember 2021. Ini juga menunjukkan bahwa obligasi sekarang lebih dari 50 persen terisi empat minggu sebelum peluncuran.

Pada 8 Februari 2022, Menteri Keuangan El Salvador Zelaya mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia mengharapkan obligasi Bitcoin pertama di negara itu akan diterbitkan pada 20 Maret 2022.

“Jika kita benar-benar ingin membangun negara ini, kita harus berinvestasi di dalamnya dengan cara seperti ini,” sebut Zelaya.

Menkeu El Salvador Balas IMF Soal Pencabutan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran

Obligasi adalah cara sebuah negara untuk berutang kepada publik. Biasanya obligasi digunakan untuk mendanai proyek-proyek publik oleh pemerintah, termasuk membayar utang negara. Sistem obligasi memberikan keuntungan kepada si pemberi pinjaman dengan jangka waktu tertentu.

Obligasi bernilai Bitcoin dalam satuan dolar AS mungkin akan terjadi kali pertama di dunia di El Salvador pada Maret mendatang dan kian menegaskan pamor Bitcoin di mata dunia. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait