spot_img
spot_img

Opera Dukung Web Desentralistik Unstoppable Domains

Peramban (browser) Opera (versi Android) kini mendukung web desentralistik buatan Unstoppable Domains. Di Opera kini Anda bisa membuka domain berekstensi .CRYPTO yang berbasis teknologi blockchain dan IPFS itu.

Hal itu membuka jalan yang lebih luas lagi bagi Unstoppable Domains agar web desentralistik bisa digunakan langsung oleh 80 juta pengguna Opera di seluruh dunia.

“Sebelum Opera menempatkan fitur itu, pengguna diharuskan membuka domain berekstensi .CRYPTO menggunakan peramban khusus, yakni Unstoppable dan di Google Chrome melalui ekstensi khusus. Dengan membukanya di Opera, maka jauh lebih berguna,” kata Brad Kam Pendiri Unstoppable Domains, dilansir dari Coindesk, Senin (30 Maret 2020).

Domain berekstensi .ZIL dan .CRYPTO dibuat menggunakan smart contract di blockchain Ethereum dan dipadukan dengan blockchain Zilliqa. Sedangkan data-data website disimpan secara desentralistik menggunakan protokol IPFS (Interplanetary File System).

Contoh website desentralistik dengan nama domain atomicfox.crypto yang dibuka di browser Opera di Android.

Dengan sistem itu, data tersimpan lebih aman dan websitenya relatif sulit diblokir. Ini berbanding terbalik dengan centralized website yang mengandalkan domain biasa, seperti .COM, .ID dan lain sebagainya. Pun, karena bersifat sentralistik, sebuah website dapat dengan mudah diblokir oleh pemerintah, misalnya.

Selain itu IPFS bersifat peer-to-peer, sehingga jika satu server bermasalah, maka data terus tersedia ada dan website Anda selalu dapat diakses.

Secara prestasi, dukungan terhadap web desentralistik ini menunjukkan dukungan penuh Opera terhadap perkembangan teknologi blockchain, selain Opera yang sejak 26 tahun lalu mendukung perkembangan Internet.

Sejak tahun 2018 Opera memang terkenal memadukan blockchain di perambannya. Opera juga mendukung penyimpanan Bitcoin dan Ether.

Selain website domain berbasis blockchain itu bisa digunakan mempermudah pengiriman aset kripto. Jadi, pengguna tak perlu menggunakan address Bitcoin biasa yang panjang itu, tetapi cukup menggunakan domain, misalnya redaksi.zil atau iklan.crypto.

Redaksi Blockchainmedia sudah menjabarkannya soal itu di sini. Sedangkan tutorial membuat web desentralistik, bisa dibuka di sini. [red]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait