Oscar Darmawan Yakin Harga Kripto akan Naik Kembali

442
IKLAN

CEO Indodax, Oscar Darmawan meyakini harga Bitcoin dan kripto lainnya akan kembali naik. Oscar mengatakan, jika melihat dalam horizon waktu pendek, dari awal 2018, kapitalisasi pasar kripto secara total memang turun drastis, dari sekitar US$800 miliar pada Januari 2018 menjadi hanya US$ 100 miliar saat ini.

“Tetapi kita harus lihat dengan skala yang lebih panjang. Kalau kita lihat skala awal Januari 2017, sebenarnya total market cap public blockchain itu baru US$17 miliar. Itu artinya, biar pun sekarang turun banyak, tetapi kalau kita bandingkan dalam perkembangan dua tahun terakhir, market cap-nya itu meningkat lebih dari 500 persen,” ujar Oscar saat ditemui di Jakarta, Selasa (11/12).

Menurutnya, naik turunnya harga kripto merupakan bagian dari mekanisme pasar. “Apa yang naik pasti akan turun atau terkoreki. Tetapi, sebagaimana yang kita ketahui, Bitcoin dan Ether dan sebagainya itu semuanya masih dalam early stage,” tegasnya.

Bitcoin, adalah kripto pertama yang meluncur perdana pada 2008 lalu. Karena itu, Oscar optimis dalam jangka panjang industri ini masih akan terus berkembang. Ia mengakui masih sangat confident, karena kalau kita lihat pertumbuhannya dalam setahun setengah terakhir ini, market cap-nya tumbuh 500 persen, dari US$17 miliar sekarang tumbuh menjadi US$100 miliar.

“Itu kan sudah luar biasa sekali, industri apa yang bisa tumbuh 500 persen dalam satu setengah tahun?” ujarnya.

Soal strategi, kepada trader ataupun investor, Oscar menyarankan untuk mencermati setiap pemberitaan. Pada saat ada berita yang sangat negatif, di mana ada keresahan tentang harga yang turun luar biasa, menurut Oscar saat-saat seperti itulah waktu yang terbaik untuk membeli.

“Tetapi, pada saat ada berita yang sangat positif, ada momentum yang sangat percaya diri, semua orang mengatakan harganya terus naik, itu adalah saat yang paling tepat untuk jual,” ujarnya.

Rumusan seperti itu, menurut dia, tak hanya berlaku di pasar kripto. Tetapi juga pasar saha dan komoditas. “Jadi, strategi ini istilahnya smart money,” ujarnya. 

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga Bitcoin pada Rabu (11/12) petang bergerak di kisaran US$3.498. Sementara harga Ether (ETH) berada di kisaran US$91 dan Ripple (XRP) US$0,3.  [jul]

 

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini