Pakai Blockchain, Bank Sentral Arab Saudi Transfer Uang ke Bank Lokal

982

Menggunakan teknologi blockchain, Bank Sentral Arab Saudi (SAMA) mengklaim telah mentransfer sejumlah uang ke sejumlah bank lokal di negara itu.

Transfer uang itu adalah bagian dari pengayaan teknologi blockchain di sistem perbankan konvensional. Uang yang tidak disebutkan jumlahnya itu adalah pula bagian dari kebijakan likuiditas bank sentral kepada bank-bank lokal.

“Langkah menggunakan teknologi itu adalah upaya SAMA yang berkesinambungan dalam mengeksplorasi dan bereksperimen dengan teknologi-teknologi baru transfer uang. Langkah itu juga guna menilai dampak teknologi tersebut terhadap sektor keuangan,” sebut SAMA dalam keterangan resminya.

SAMA adalah satu dari sekian banyak bank sentral yang melakukan ujicoba serupa. Bagi SAMA transfer uang menggunakan blockchain adalah bagian dari upaya mengembangkan fintech di Kerajaan Arab Saudi.

“Di antaranya adalah melalui program Inisiatif Fintech Saudi bekerja sama dengan Otoritas Pasar Modal, pengenalan SAMA Regulatory Sandboxdan berbagai layanan dan pembayaran perbankan digital,” sebut SAMA. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO