spot_img
spot_img

Pakai Blockchain, PlayGame Lindungi HAKI Pengembang Game

Indonesia semakin unjuk gigi dalam penggunaan teknologi blockchain. Kendati teknologi ini masih tergolong bayi, tetapi penerapannya terus berkembang. Pengembangan blockchain teranyar datang dari perusahaan game, PlayGame untuk mencegah terjadi kecurangan dan melindungi hak atas kekayaan intelektual (HAKI) para pengembang game.

Anton Soeharyo, CEO PlayGame mengatakan, PlayGame merupakan sebuah platform bagi para pengembang game Indonesia untuk memamerkan game buatan mereka kepada gamer, baik dari Indonesia ataupun mancanegara.

PlayGame yang diluncurkan pada Mei 2018, juga merupakan direct-play-platform. Pengguna bisa langsung memainkan game melalui peramban (browser) baik di personal computer (PC) atau smartphone, tanpa harus mengunduhnya.

Soal teknologi, PlayGame menggunakan konsep Proof-of-Play untuk memvalidasi semua aktifitas gamer, sehingga tidak ada celah bagi seorang gamer untuk melakukan kecurangan saat memainkan sebuah game kompetisi.

“Kami menggunakan blockchain sebagai validator. Validator itu ibarat wasit yang akan memeriksa semua pergerakan gamer. Jika pergerakannya benar, maka akan mendapatkan point sebagai imbalan. Dengan cara seperti ini, kecurangan dapat dihindari,” ujar Soeharyo kepada media dalam sebuah konferensi pers, di Jakarta, Selasa (11/12).

Selain memvalidasi, blockchain juga digunakan untuk melindungi karya intelektual para pengembang game yang mendaftarkan karya game-nya di PlayGame.

“Di blockchain kita bisa mengetahui keaslian game yang dibuat pengembang, karena dicatat dalam blockchain secara transparan dan permanen. Sudah sangat lama pengembang game merasa tertindas, karena biaya pemasaran untuk mendapatkan satu pemasangan (install) saja itu sudah sangat mahal, ditambah lagi persaingan yang ketat di dunia game,” ujarnya.

Dalam acara tersebut PlayGame juga mengumumkan berkolaborasi dengan The Walt Disney Company Asia Tenggara. Kolaborasi selama satu tahun ini akan menghadirkan rangkaian game berkarakter khas Disney, seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse dan Frozen.

“Ini adalah kolaborasi yang sangat menarik, sebagai gaming platform berbasis blockchain, kami akan mendorong inovasi dan membawa produk-produk kreatif Disney yang sangat popular kepada komunitas PlayGame,” ujar Soeharyo. [jul]

 

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait