Penerbit majalah TIME melelang 3 sampul bersejarahnya memakai Non-Fungible Token (NFT). Satu sampul bertajuk “Is God Dead?” diterbitkan pada tahun 1966.

TIME melelang 3 sampul yang bersejarah dan ikonik tak hanya dalam bentuk NFT. Sampul asli (fisik) akan diserahkan kepada penawar tertinggi,” sebut penerbit, 22 Maret 2021 di situsnya.

Lelang digelar di SuperRare dan kini terbuka untuk publik, hingga penutupan nanti, Rabu (24/3/2021).

Satu sampul edisi terbaru, 29 Maret 2021/8 April 2021 dirancang khusus terinspirasi dari desain sampul yang mirip, yang diterbitkan pada 8 April 1966, bertajuk “Is God Dead?”.

Edisi itu memang edisi khusus, sengaja bernuansa tipografi, tanpa gambar sama sekali. Hanya huruf dengan kalimat yang provokatif.

BERITA TERKAIT  Naik 700 Persen dalam 2 Bulan, Inilah Aset Kripto Theta

Edisi terbaru itu bertajuk: “Is Fiat Dead?” merujuk pada pertanyaan redaksi TIME, soal aset kripto/mata uang kripto.

Entitas ekonomi dan sosial itu dianggap sebagai reaksi sosial atas fiat money alias mata uang yang diterbitkan oleh negara.

Bahkan istilah “fiat money” saat ini kian popular di luar Amerika Serikat, berkat fenomena aset kripto yang dimulai dari Bitcoin, lalu ditegaskan oleh kegilaan Non-Fungible Token ini.

Desain sampul serupa juga diterbitkan pada 3 April 2017 sebagai perlambang fenomena “hoax” yang ditandai tegas oleh naiknya Trump sebagai presiden AS. Sampul itu bertajuk: “Is Truth Dead?”.

“Saya menyukai ide menghadirkan desain sampul serupa pada edisi TIME terbaru ini. Pasalnya dunia NFT mengandung kegilaan khusus,” kata DW Pine Direktur Kreatif TIME yang merancang sampul terbaru itu.

BERITA TERKAIT  Proyek "Stablecoin Libra" Berlanjut, Tapi..

TIME mengklaim lelang itu adalah pertama di dunia dalam rupa NFT yang mewakili desain sampul yang bersejarah dan ikonik.

TIME juga menegaskan, bahwa jenis huruf (font) yang digunakan di sampul edisi 1966, yakni Bodoni Poster tak ditemukan di era modern ini.

“Itu sebabnya, kami menggambar ulang huruf itu secara manual untuk 2 edisi terakhir itu, edisi 2017 dan edisi 2021,” sebut TIME.

NFT naik daun lagi sejak Desember 2020. NFT perdana di dunia dan popular, berkat keunggulan smart contract di blockchain, lahir pada tahun 2017 silam melalui “CryptoKitties“. Pesaing lainnya saat itu dan kini masih tersedia adalah CryptoPunks. [vins]

BERITA TERKAIT  Ebay Akhirnya Jual NFT

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO