Panduan Terlengkap Menerbitkan NFT di OpenSea untuk Pemula

Dunia kripto Indonesia akhir-akhir ini sedang heboh dengan Ghozali, pemuda asal Semarang yang berhasil mendapatkan Rp1,4 milyar dari penjualan non-fungible token (NFT).

Pemuda ini menjual NFT berupa foto selfie dirinya sejak berumur 18 tahun hingga kini 22 tahun. Total 933 foto dijualnya pada platform OpenSea dan bisa dibeli menggunakan mata uang kripto ETH (Ether). Dibuka dengan harga 0,0001 ETH atau sekitar Rp45.000, kini satu foto Ghozali bisa ditawar hingga puluhan juta rupiah.

Melihat pengalaman Ghozali menghasilkan milyaran rupiah dengan menjual NFT, mungkin banyak orang mulai memikirkan cara berjualan NFT. Sama seperti Ghozali, Anda pun bisa melakukannya di platform OpenSea.

Apa Itu OpenSea?

OpenSea merupakan sebuah marketplace atau pasar tempat pemilik, kolektor dan pembeli NFT bisa bertransaksi.

Platform ini adalah platform transaksi NFT pertama dan terbesar di dunia dengan sekitar 300.000 pengguna dan memiliki lebih dari 34 juta NFT, mulai dari barang koleksi, foto, video dan lain sebagainya.

Biasanya, pengguna platform ini bertransaksi menggunakan ETH atau kartu kredit. Sederhananya OpenSea ini adalah toko NFT, tempat jual beli.

Untuk mulai bertransaksi, pertama-tama Anda perlu memiliki akunnya terlebih dahulu. Hal pertama dan sangat wajib adalah punya wallet kripto-nya dulu. Salah satunya adalah Metamask.

Dompet tersebut berfungsi untuk login ke akun OpenSea, memroses penerbitan token, menyimpan token dan mengirimkan token, dan tentu saja untuk transaksi jual dan beli NFT. Cara menginstal Metamask yang benar, bisa dibaca di artikel ini.

Cara Daftar Akun OpenSea

Di sini, kami menganggap Metamask sudah terpasang dengan baik dan pastikan seed phrase senantiasa dijaga aman. Kehilangan elemen penting itu, dapat dipastikan Anda tidak bisa mengakses akun OpenSea Anda selama-lamanya. Anda bisa lanjut mendaftar akun OpenSea. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website OpenSea lewat gadget yang sudah memiliki dompet digital, misalnya dari Google Chrome di laptop. Cara ternyaman adalah menggunakan komputer laptop.
    Opensea 1
  2. Klik ikon dompet atau foto profil untuk mulai mendaftar akun OpenSea. Kemudian, pilih opsi “Connect Wallet”.Pastikan di browser anda, extension metamask sudah di install. Pada saat menentukan wallet mana yang mau digunakan, anda harus login ke metamask terlebih dahulu.Opensea 2setelah anda memasukan kata sandi Metamask, lalu anda akan melihat akun wallet Metamask ada seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut ini:

    Setelah alamat wallet anda terlihat, maka pada Opensea.io anda dapat meng-klik icon wallet pada bagian kanan atas, setelah itu klik icon Metamask.

    pastikan anda terkoneksi dengan wallet yang benar seperti gambar berikut ini:

  3. Pilih dompet kripto yang Anda miliki. Pada Opensea.io, ada 4 wallet pilihan yang Anda bisa gunakan, yaitu: Metamask, Coinbase Wallet, Walletconnect dan Fortmatic.Dalam hal ini, kita akan menggunakan MetaMask. Pastikan di Metamask Anda sudah terhubung dengan Ethereum Mainnet (ini adalah blockchain Ethereum utama), seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini.

    Opensea 6Selain itu, ada juga cara lain untuk terhubung dengan Opensea apabila Anda memiliki Trustwallet yang biasanya bisa dipasang di smartphone Anda. Untuk lebih jelasnya tentang Trustwallet, Anda bisa mengikuti tautan ini.

    Untuk metoda ini, Anda haru memilih Walletconnect dan nanti akan terlihat seperti ini:

    Opensea 7Lalu Anda pindai QR Code ini dari Trustwallet Anda dengan masuk ke “Setting” dan pilih “Walletconnect.”

    Tampilan di smartphone

    Tampilan di desktop / laptop / PC

    Setelah itu, tampilannya akan seperti ini:

  4. Oke, selanjutnya adalah mengatur isi profil Anda. Caranya adalah dengan mengklik “Account”, lalu “Profile”.
  5. Pilih “Settings” dengan mengklik Profile Photo Anda lalu isikan data username, bio, email address, link media sosial dan lain sebagainya.Opensea 11
  6. OpenSea akan mengirimkan pesan ke email yang terdaftar pada akun untuk meminta verifikasi pembuatan akun.
    Setelah akun terverifikasi melalui email yang Anda terima, maka akun OpenSea sudah bisa digunakan untuk membeli, membuat, serta menjual NFT. Seperti Ghozali, Anda bisa membuat NFT milik Anda sendiri. Untuk tampilannya akan terlihat seperti ini.


    Perhatikan, bahwa di bagian bawah nama profil terdapat address ETH Anda. Anda bisa menggunakan address itu untuk menerima NFT dari orang lain, sekaligus memastikan address itu telah terpadu dengan wallet.

     

Cara Membuat NFT di OpenSea

Membuat NFT di OpenSea tidaklah sulit. Setelah Anda memiliki akun OpenSea, pada halaman awal Anda akan menemukan “Create”.

Klik opsi tersebut untuk membuat NFT. Anda akan dialihkan pada halaman pengunggahan dokumen. Masukkan atau unggah dokumen yang ingin Anda jadikan NFT. Dokumen bisa berupa file video (MP4), foto, gambar grafis (PNG, JPG) dan lain sebagainya.

Setelah itu, lengkapi data seperti nama dan deskripsi mengenai NFT. Anda juga bisa memberikan penjelasan singkat untuk menarik perhatian kolektor.

Kemudian, kategorikan NFT tersebut ke dalam koleksi jika Anda ingin menerbitkan banyak NFT dalam satu koleksi pribadi. Lalu, masuklah ke halaman pribadi dan pilih opsi “My Collection”, kemudian “Create a Collection” untuk membuat koleksi.

Selanjutnya, setelah memilih koleksi tempat menerbitkan NFT, Anda harus mengisi beberapa data lainnya. Namun, jika hanya menerbitkan satu NFT, Anda bisa melewati bagian ini.

Apabila Anda sudah berhasil menambahkan “My Collection”, maka tampilan akun Anda akan seperti ini:

Opensea 15

Cara Menambahkan Item di OpenSea

  1. Di laman koleksi, pilih tab “Add Item” pada bagian kanan atas seperti gambar dibawah ini:
  2. Isikan item tersebut, baik itu file gambar, video, suara, model 3D dan lain-lain.
  3. Di bagian “Supply“, isikan berapa banyak jumlah token yang ingin Anda terbitkan. Boleh diisi dengan angka 1 saja, agar terkesan unik dan langka. Sedangkan di bagian blockchain, pilih “Polygon”, agar Anda terbebas dari biaya transaksi menggunakan ETH. Namun, pendapatan dari penjualan Anda akan dipotong sebesar 2,5 persen oleh OpenSea. Setelah data disikan maka klik tombol “Create”.
  4. Anda telah berhasil menambahkan item pada Opensea Collection anda.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Setelah NFT selesai di buat, maka Anda perlu menjualnya. Cara menjual NFT di OpenSea bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Buka “My Collection”, lalu pilih NFT yang ingin Anda jual. Kemudian, klik “Sell”.Opensea 20
  2. Ada dua pilihan penjualan yang bisa Anda gunakan, yakni “Fixed Price” untuk langsung menjual atau “Time Auction” untuk melelang NFT. Untuk hal ini kami memilih “Fixed Price”.Setelah itu, masukkan harga NFT dan juga berapa lama durasi karya NFT anda berada di laman Opensea.

  3. Klik opsi “Complete Listing” jika sudah selesai mengatur.
  4. Setelah proses “Complete Listing”, anda akan dihadapkan pada transaksi di Metamask yang akan terbuka secara otomatis. Perlu di ketahui, bahwa anda harus mengecek gas fee saat anda melakukan penjualan NFT anda. Kami sudah mencoba untuk menjual 1 NFT kami, biaya nya sekitar US$128. Harga gas ini selalu berubah dan anda dapat memonitornya di https://etherscan.io/gastracker.

Setelah anda melakukan proses ini, maka anda sudah dapat menjual NFT anda di Opensea.

Membuat dan menerbitkan NFT di OpenSea cukup mudah, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat NFT dan menjualnya tanpa dipungut biaya tambahan. Jika beruntung, bisa saja Anda akan bernasib sama seperti Ghozali! [st]

 

spot_img

Terkini

Terkait