Pantai Bitcoin El Salvador Raih Investasi Setara Rp2,9 Triliun

El Zonte, Pantai di El Salvador yang dinamakan sebagai Pantai Bitcoin sebab menerima aset kripto untuk pembayaran, akan mendapat investasi setara Rp2,9 triliun untuk pembaruan infrastruktur sebagai bagian rencana strategis oleh pemerintah.

Pantai tersebut menerima Bitcoin (BTC) untuk menjalankan ekonomi lokal di wilayah itu, sehingga El Zonte memiliki status istimewa. Investasi dari pemerintah akan digunakan untuk membangun fasilitas demi meningkatkan kualitas pariwisata bagi pelancong ke destinasi tersebut.

Terkait pelaksanaan investasi itu, Presiden Nayib Bukele menyatakan, “El Zonte dikenal oleh banyak pihak sebagai Pantai Bitcoin. Kami akan memperbaiki area seluas 15 ribu meter persegi.”

Pantai Bitcoin El Salvador Raih Investasi

Bukele menjelaskan, pemerintah akan membangun pusat belanja, gedung parkir, klub pantai, serta pabrik pengolahan limbah untuk merevitalisasi wilayah tersebut.

IKLAN

Selain wilayah La Libertad, kota Surf City yang dikenal dengan El Tunco, akan turut direnovasi.

Bukele berkata investasi untuk infrastruktur itu mencapai lebih dari US$203 juta dan mencakup pembangunan jalur sepeda, sistem drainase baru, jalur pejalan kaki serta 14 jembatan.

“Tahun ini kami akan memperluas 21 kilometer Jalan Littoral menjadi empat jalur. Kami akan melakukannya memakai aspal hidrolik yang lebih mahal dari aspal biasa, tetapi lebih tahan lama,” jelas Bukele.

Pembangunan tersebut merupakan fase kedua proyek Surf City atau Kota Selancar yang bertujuan menghadirkan gerakan strategi pariwisata ke wilayah itu.

IKLAN

Investasi yang digelontorkan sejalan dengan rencana pemerintah di masa lalu terkait peran yang diemban Bitcoin dan aktivitas selancar untuk memperluas pariwisata nasional.

Finbold melaporkan, El Salvador menjadi negara yang berhasil mengembalikan pendapatan dari pariwisata ke tingkat sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Bukele berkata ada tiga faktor yang mendorong keberhasilan tersebut, yakni perang melawan kelompok kriminal di negara tersebut, pertumbuhan industri selancar serta Bitcoin.

Pejabat lain di pemerintah El Salvador turut memuji peran Bitcoin sebagai tenaga pendorong bagi meningkatnya pariwisata yang terjadi selama satu tahun terakhir.

IKLAN

Menteri Pariwisata El Salvador, Morena Valdez, berkata penggunaan Bitcoin sebagai mata uang sah telah menumbuhkan industri pariwisata sebesar 30 persen pada bulan April. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait