Pasar Aset Kripto Kian Terkonsentrasi, Bitcoin Masih Mendominasi

953

Ketika Bitcoin kian mendominasi pasar aset kripto sejak diperkenalkan lebih satu dekade silam, pasar menjadi lebih terkonsentrasi pada Raja Aset Kripto itu, termasuk United States Dollar Tether (USDT) dan Ether (ETH).

IKLAN

“Bitcoin, USDT dan Ether menyumbang sekitar 90 persen dari volume perdagangan di sejumlah bursa aset kripto tahun ini, di antara 10 aset kripto teratas, atau naik 75 persen dibandingkan tahun lalu,” sebut perusahaan riset Messari, seperti dilansir dari Bloomberg, 14 Mei 2020.

berkaitan dengan Pasar Cryptocurrency Menjadi Lebih Terkonsentrasi

Kenaikan itu menyusul kejatuhan pasar pada Maret 2020, ketika Bitcoin serta lebih dari 5.000 aset kripto lain mengalami penurunan.

Agar aman, banyak investor dan trader juga berbondong-bondong membeli USDT bernilai dolar AS, yang selanjutnya digunakan untuk membeli aset kripto lainnya.

Secara historis, Bitcoin memang belum menjatuhkan nilai aset kripto yang lebih kecil selama market crash secara signifikan. Itu juga belum terjadi setelah Bitcoin Halving III yang jatuh pada 12 Mei 2020 lalu.

BERITA TERKAIT  Metode Baru Hemat Energi untuk Bitcoin

Para penghayat Bitcoin pun kian menarasikan aset kripto itu sebagai lindung nilai melawan inflasi, sebagai akibat penerbitan uang yang banyak oleh bank sentral.

Ether (ETH), sementara itu, menantikan peningkatan nilai berikutnya, ketika blockchain-nya hijrah ke sistem Proof-of-Stake yang direncakan pada tahun ini. [Bloomberg/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO