Pasar Kripto Anjlok Parah Ditegaskan oleh Mantan Penasihat Presiden AS Ini

Anthony Scaramucci, pendiri Skybridge Capital, perusahaan pengelola aset sebesar US$3,5 milyar, menasihati investor kripto untuk bertahan di tengah pasar kripto yang anjlok.

Ia menyampaikan nasihat tersebut serta pandangannya terhadap Bitcoin (BTC) melalui wawancara dengan kanal berita CNBC pada Senin (13/06/2022) lalu.

Scaramucci berkata, “Kita sedang berdarah-darah. Ini adalah bear market kedelapan bagi saya dan saya akan bertahan menghadapinya seperti sebelumnya.”

Bertahan di Tengah Pasar Kripto yang Anjlok 

Mantan penasihat presiden AS tersebut bersikap optimis melihat BTC menguasai lebih dari 50 persen kapitalisasi pasar aset kripto saat ini. Hal tersebut menandakan investor beralih ke aset berkualitas.

Scaramucci mengungkit, Celsius, platform pemberian pinjaman kripto, memberi tekanan jual kepada harga BTC, seperti peristiwa Terra (LUNA) enam pekan lalu yang turut memberi tekanan jual sama.

Pada Minggu (12/06/2022), Celsius mengumumkan pembekuan penarikan. Sejumlah pengamat kripto melihat kasus ini mirip dengan LUNA dan stablecoin algoritmis Terra USD (UST) yang gagal mempertahankan pasak pada awal bulan Mei lalu.

Investor kripto mengkhawatirkan kegagalan Celsius dapat berakibat kepada koreksi lebih dalam bagi pasar kripto yang masih belum pulih dari keruntuhan LUNA dan UST. Celsius berkata pihaknya merupakan investor di Terra tetapi tidak dalam jumlah besar.

Scaramucci memberi rekomendasi kepada investor untuk tidak terlibat leverage trading sebab perdagangan memakai leverage acapkali menjadi mekanisme yang merugikan investor ritel hingga kehilangan seluruh nilai investasinya.

Ia menghimbau lebih baik terus mempertahankan disiplin investasi secara jangka panjang.

“Semua orang memiliki pandangan jangka panjang hingga terjadi kerugian jangka pendek. Lalu mereka mulai panik dan melakukan tindakan tergesa-gesa,” kata Scaramucci, dikutip dari News.Bitcoin.com.

Ia menambahkan, investor sebaiknya membeli aset berkualitas dan menghindari leverage.

Eksekutif Skybridge tersebut berkata investor harus menyadari koreksi pasar pasti terjadi. Menurut Scaramucci, koreksi terjadi satu kali setiap lima tahun menurut tren 120 tahun terakhir.

Bagi investor yang tetap disiplin selama bear market, maka peluang untuk berhasil sangat besar. Itulah pesan yang ingin disampaikan Scaramucci kepada komunitas kripto.

BTC anjlok di bawah US$21 ribu pada Selasa lalu, melanjutkan tren menurun hingga mencapai level terendah dalam kurun waktu 18 bulan. Total nilai kapitalisasi pasar kripto turut longsor di bawah US$1 triliun untuk pertama kalinya sejak awal tahun 2021 menurut data CoinMarketCap. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait