spot_img
spot_img

Pasar Kripto Bergairah Lagi, Nilai Pasar Hampir US$2 Triliun

Pasar kripto bergairah lagi, melanjutkan tren bullish yang solid pada awal Agustus 2021, dengan total kapitalisasi (nilai) pasar hampir US$2 triliun!

Berdasarkan data CoinGecko, dilansir dari Coindesk, Selasa (10/8/2021), total kapitalisasi pasar kripto menembus US$1,9 triliun pada 9 Agustus 2021, mengubah tingkat ini untuk pertama kalinya sejak 18 Mei 2021.

Mulai 19 Juli 2021, pasar aset kripto mencatat kenaikan yang signifikan, dengan nilai pasar melonjak hampir US$700 miliar.

Pasar masih turun sekitar US$700 miliar dari tingkat tertinggi sepanjang masa sebesar US$2,5 triliun yang tercatat pada 11 Mei 2021.

Sejalan dengan tren pemulihan yang kuat, kripto nomor wahid seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) telah menguji ulang tingkat pertengahan Mei masing-masing dalam hal kapitalisasi pasar.

Nilai pasar Bitcoin mencapai di atas US$860 miliar pada hari Senin, melonjak setinggi ini untuk pertama kalinya sejak 16 Mei 2021, menurut CoinGecko.

Setelah menembus nilai US$1 triliun awal tahun ini, Bitcoin mengalami aksi jual besar-besaran, dengan kapitalisasi pasarnya turun menjadi US$560 miliar pada 20 Juli 2021.

Karena harga Bitcoin melonjak kembali di atas US$45.000, nilai pasar BTC telah meningkat lebih dari 53 persen .

Sementara itu ETH, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, telah membukukan lebih banyak keuntungan sejak pasar bearish pada Juli, melonjak hampir 81 persen dari US$204 milyar pada 20 Juli menjadi $369 milyar pada hari Senin.

Kripto penting itu mengalami peningkatan jaringan besar pada 5 Agustus 2021, dengan harga ETH reli 50 persen, selaras dengan hard fork London di tengah ekspektasi investor untuk peningkatan untuk menyelesaikan masalah, seperti biaya transaksi yang tinggi, termasuk burn biaya setiap transaksi.

Di tengah bull pasar aset digital yang baru ini, sejumlah besar aset digital utama telah mengalami perombakan peringkat dalam hal kapitalisasi pasar.

Berdasarkan catatan Coindesk, Binance USD (BUSD), stablecoin terbesar ketiga berdasarkan nilai pasar setelah Tether (USDT) dan USD Coin (USDC), keluar dari daftar 10 kripto paling bernilai pada 5 Agustus 2021, dibalikkan oleh Uniswap (UNI). Saat ini BUSD adalah kripto terbesar ke-11 berdasarkan kapitalisasi market sebesar US$12 milyar.

Seperti disebutkan sebelumnya, pertumbuhan terbaru di pasar kripto datang setelah CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan bahwa SpaceX memiliki Bitcoin pada 22 Juli 2021.

Musk juga mengatakan bahwa Tesla berencana untuk melanjutkan pembayaran menggunakan Bitcoin untuk mobilnya, asalkan 51 persen tambang Bitcoin menggunakan listrik dari energi terbarukan. [red]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait