Pasar Kripto Bergairah, Shiba Inu Jadi Trending

Pasar kripto kembali bergairah seiring harga Bitcoin (BTC) memanjat ke atas US$17 ribu. Kendati BTC memimpin reli, Shiba Inu jadi trending dari segi jumlah penelusuran dan popularitas.

Finbold melansir, pada Senin (09/01/2023), Shiba Inu (SHIB) menjadi aset kripto paling populer dan menduduki peringkat pertama pada daftar trending CoinMarketCap disusul oleh BTC dan Polygon (MATIC).

Shiba Inu Jadi Trending

Dengan total kapitalisasi pasar senilai US$4,88 milyar, SHIB berada di peringkat ke-16 berdasarkan valuasi pasar. Harga SHIB meningkat lebih dari 5 persen dalam satu hari, mencapai 8 persen dalam kurun waktu sepekan dan diperdagangkan pada nilai US$0,0000088.

Sejak 28 Desember 2022 ketika SHIB mencapai harga rendah US$0,0000079, harga memecoin itu meningkat drastis. Mulai 30 Desember, SHIB mengalami sembilan hari hijau dari sepuluh hari.

IKLAN

Harga SHIB mampu memanjat di atas Moving Average (MA) 50-hari pada level resistance US$0,0000087. Level tersebut telah menjadi hambatan bagi SHIB sejak awal November lalu.

Memecoin tersebut turut didukung oleh burn rate yang besar. Situs Shib Burn melaporkan, tingkat pemusnahan token SHIB melampaui 1.300 persen dalam waktu dua hari terakhir.

Lebih dari 37,4 juta token SHIB telah diburning dengan cara dikirim ke alamat dompet mati dalam 24 jam terakhir, dengan total transaksi burning mencapai 12 transaksi.

Pada 7 Januari, pengembang ekosistem Shiba Inu menyatakan setiap transaksi pada jaringan layer-2 Shibarium akan melakukan burning SHIB. Sebelumnya, tim Shiba Inu mengkonfirmasikan bahwa token BONE akan digunakan untuk mentenagai transaksi pada Shibarium.

IKLAN

Shibarium merupakan pembaruan yang telah lama dinanti investor SHIB. Tim Shiba Inu berkata akan meluncurkan jaringan layer-2 tersebut tidak lama setelah kuartal ketiga 2022, tetapi hingga kini belum ada kejelasan mengenai peluncuran tersebut.

Berdasarkan analisa teknikal indikator TradingView, sentimen satu hari bagi SHIB bersifat bullish dan menandakan sinyal untuk membeli. Indikator osilator berada pada posisi netral sedangkan indikator Moving Average berada pada posisi beli.

Finbold menyebut SHIB sebagai salah satu dari lima memecoin terbaik untuk dipantau. Algoritma prediksi harga Price Predictions yang berbasis machine learning memberikan prediksi harga SHIB mencapai US$0,000008 pada akhir Januari. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait