Pasar Kripto Dalam Penurunan, Apa Langkah Terbaik Bagi Investor?

Pasar kripto yang sedang dalam penurunan telah membuat beberapa investor takut untuk masuk, meski sebenarnya ada langkah terbaik yang bisa dilakukan investor pada kondisi pasar saat ini.

Penurunan pada Pasar Kripto 

Meski sedang dalam penurunan, pasar kripto ternyata masih cukup memiliki peminat, baik dari para investor, maupun trader, yang tercermin dari data nilai transaksi kripto di Indonesia yang mencapai Rp83,8 triliun, dalam periode Januari sampai Februari 2022.

Kian banyaknya bursa kripto yang mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menjadi salah satu penopang minat masyarakat terhadap kripto.

Lalu, apa yang sebenarnya menjadi dalang di balik penurunan pasar kripto? Itu ada beberapa hal, yakni:

  • Kenaikan suku bunga yang berada di Amerika Serikat,
  • Tingkat inflasi yang tinggi, dimana semula sekitar 8.5% menjadi 9%,
  • Adanya isu yang mengatakan bahwa Rusia sedang merayakan kemenangan Rusia atas Nazi pada masa Perang Dunia II,
  • Isu Perang Rusia dan Ukraina yang bisa menyebabkan Perang Dunia III. Bila Perang Dunia III dimulai, maka harga kripto bisa melambung tinggi.

Langkah Terbaik Bagi Investor 

Namun, di kala pasar kripto sedang dalam penurunan, tetap ada cara untuk meraih keuntungan dari situ, salah satunya adalah dengan melakukan margin trading.

Margin trading adalah perdagangan yang menggunakan pinjaman (leverage) untuk memaksimalkan hasil trading. Ini dapat dilakukan untuk membuka posisi long (untung saat harga naik), dan posisi short (untung saat harga turun).

Dalam margin trading, pergerakan harga yang tepat akan memberikan keuntungan berlipat sesuai leverage yang dipilih, antara 5x, 10x, 50x dan bahkan 100x.

Dan untuk lebih memaksimalkannya, trader dapat menerapkan swing trading. Apa Itu Swing Trading? Ini adalah cara trading yang berorientasi jangka menengah, bisa dibuka selama beberapa hari atau minggu, dengan menganalisa di grafik 4 jam atau daily. Ini tidak menyita waktu Anda dibandingkan melakukan scalping trading.

Selain itu, transaksi short selling atau shorting adalah cara meraup keuntungan di pasar yang sedang turun. Ini adalah transaksi yang berkebalikan dengan buy atau long, cocok dilakukan di pasar yang tengah bearish.

Dan cara terbaik terakhir untuk dilakukan pada pasar yang sedang dalam penurunan adalah mengandalkan pemasukan pasif.

Ini bisa dengan melakukan staking aset kripto untuk menambah pendapatan tanpa harus bertransaksi. Orientasinya tentu dalam jangka panjang dengan menyimpan aset yang dikumpulkan dari hasil staking. Nilainya akan meningkat seiring waktu ketika pasar sudah mulai pulih nantinya. [st]

spot_img

Terkini

Terkait