Pasar Kripto Melandai, Andreessen Horowitz Raih Dana Investasi Baru Setara Rp6,8 Triliun

Kendati industri blockchain dan pasar kripto sedang melandai, perusahaan ventura Andreessen Horowitz (a16z) justru meraih dana investasi baru senilai US$4,5 milyar yang siap digelontorkan ke sejumlah proyek aset kripto terbaik.

Dana investasi setara Rp6,8 triliun tersebut merupakan yang keempat (Fund 4) yang diluncurkan a16z dan adalah dana terbesar di sektor kripto. Bersama dengan dana terbaru, total simpanan kripto dan Web3 milik perusahaan ventura itu mencapai US$7,6 milyar.

Peluncuran Fund 4 tersebut merupakan kelanjutan rencana yang diungkap pada bulan Januari lalu. Andreessen Horowitz menerbitkan tesis investasi yang memandang positif kekuatan peranti lunak sebagai perwujudan pemikiran manusia dan memiliki ruang desain yang tak terbatas.

Proyek Aset Kripto Terbaik Versi a16z

Block Works melansir, mitra a16z, Chris Dixon, berkata, “Saya pikir kita memasuki era keemasan Web3. Blockchain sudah cukup canggih dan beragam aplikasi telah mencapai puluhan juta pengguna.”

Kepada peserta konferensi Permissionless yang digelar di Palm Beach, Florida, AS, pekan lalu, Dixon menjelaskan gelombang talenta kelas dunia memasuki Web3 selama setahun terakhir.

Talenta memasuki industri kripto semasa bull market, sedangkan bear market adalah waktu utama bagi pengembang untuk fokus mengerjakan teknologi terbaru, tambah Dixon.

Dana a16z akan berinvestasi di startup Web3 pada beragam ceruk, mencakup DeFi, gaming, infrastruktur, decentralized autonomous organization (DAO), NFT, privasi, media sosial desentralistik dan lainnya.

Perusahaan ventura tersebut turut berencana menambah pegawai demi memenuhi kebutuhan menyeleksi investasi startup.

Arianna Simpson, mitra a16z, berkata, “Kami akan terus berinvestasi di setiap tahap. Dari dana US$4,5 milyar, sekitar US$1,5 milyar akan dialokasikan untuk investasi di tahap seed, sedangkan US$3 milyar untuk investasi ventura.”

Portofolio investasi a16z terdiri dari lusinan perusahaan, termasuk nama-nama besar seperti blockchain Solana (SOL) dan Near (NEAR), bursa desentralistik Uniswap dan dYdx, marketplace NFT OpenSea, dompet kripto Phantom dan terbaru platform tokenisasi kredit karbon on-chain, Flowcarbon.

Pengembang game blockchain Dapper Labs termasuk startup yang menerima investasi a16z. Selain itu, a16z juga mendukung game kripto Axie Infinity (AXS). Perusahaan itu menanam investasi sebesar US$150 juta kepada game yang dikembangkan oleh Sky Mavis asal Vietnam itu. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait