Pasar Kripto Memang Brutal, Apakah Separah Bearish di Masa Lalu?

Pasar kripto mengalami penurunan brutal selama beberapa bulan terakhir menyusul kasus Terra (LUNA) dan Terra USD (UST). Dua pekan terakhir pasar aset kripto belum menguat dengan harga Bitcoin (BTC) yang bertahan di rentang US$30 ribu.

Pasar kripto mengalami koreksi lebih dari 60 persen dari harga all-time high. Kapitalisasi pasar jatuh dari US$3,07 triliun menjadi US$1,23 triliun. Harga BTC dan Ether (ETH) turun sekitar 60 persen dari harga rekor, sementara aset kripto lain terjerembab hingga lebih dari 80 persen.

Aktivitas on-chain memperlihatkan mayoritas aset kripto mengalami nasib serupa. Kendati demikian, sejumlah indikator on-chain menandakan tren bearish saat ini tidak akan separah bear market di masa lampau.

Pasar Kripto yang Bearish 

Lucas Outumuro, kepala riset perusahaan analisa IntoTheBlock, berkata indikator kunci secara jangka panjang memperlihatkan kondisi bearish saat ini berbeda dengan bear market sebelumnya.

IKLAN

Melalui tulisan blog pada Sabtu (04/06/2022), Outumuro berkata pasar kripto mengalami penurunan tajam sejak dulu dimana terjadi koreksi mendalam lalu disusul pemulihan yang kuat.

“Koreksi sebesar 80 persen lebih adalah hal lumrah di pasar kripto, tetapi saat ini ada argumen yang menyatakan penurunan di masa depan tidak akan setajam di masa lalu,” tulis Outumuro, dikutip dari AMB Crypto.

Indikator biaya transaksi mengalami penurunan lebih sedikit pada tahun 2021-2022 dibanding bear market sebelumnya pada tahun 2017-2018.

Menurut Outumuro, sebab permintaan kripto sebagian besar berasal dari spekulasi, biaya transaksi akan turun seiring dengan sentimen yang negatif saat bear market.

Bitcoin meraih biaya transaksi harian sebesar US$500 ribu pada Mei 2022, dibanding US$130 ribu per hari pada bulan Mei 2018. Ethereum dan aset kripto lain mengalami pola serupa.

Bitcoin dan Ethereum mengalami aktivitas pengembangan yang konsisten terlepas dari perubahan harga. Pembaruan kode Bitcoin bertambah 50 persen selama dua tahun terakhir.

Indikator ini menunjukkan pertumbuhan positif bagi pasar kripto dimana pengembang secara global terus berkontribusi bagi pembaruan berkesinambungan.

Investor BTC dan ETH turut memainkan peran vital untuk menumbuhkan ekosistem masing-masing. Investor dengan target jangka panjang menambah simpanan BTC dan ETH selama bear market.

Persentase BTC yang dimiliki oleh alamat dengan simpanan satu tahun atau lebih meningkat dibanding bear market sebelumnya.

Investor ETH menunjukkan kekuatan dengan menyimpan aset kripto tersebut dan tidak mengirim ETH ke bursa kripto untuk dijual. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait