Pasar Kripto Turun Ekstrim, Celsius Hentikan Semua Jenis Transaksi

Mengingat pasar kripto turun sangat ekstrim, manajeman Celsius hari ini menghentikan semua jenis transaksi di layanannya.

“Karena kondisi pasar yang ekstrim, hari ini kami mengumumkan bahwa Celsius menghentikan sementara semua penarikan, Swap, dan transfer antar akun. Kami mengambil tindakan ini hari ini untuk menempatkan Celsius pada posisi yang lebih baik dalam melayani penggunanya,” sebut manajemen di blog mereka, Senin (13/6/2022).

Pasar Kripto Lemas, Celsius Blokir Sementara Transaksi

Mereka menyebutkan, langkah itu sangat diperlukan ini untuk kepentingan seluruh komunitas mereka, menstabilkan likuiditas dan operasi sementara mereka.

“Pengguna akan terus memperoleh imbalan selama jeda ini,” tegas mereka.

Sedangkan kapitalisasi pasar kripto global telah diperdagangkan menurun selama sebulan terakhir dan saat ini didukung pada US$1,17 triliun.

Selama akhir pekan lalu, pasar kripto kehilangan nilainya lebih dari US$100 miliar, setelah Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen berpendapat bahwa kripto mengandung risiko tinggi.

Harga Bitcoin saja, sebagai kripto nomor wahid jatuh ke titik nadir di di bawah US$26 ribu.

Penyebab ambrolnya pasar kripto ini adalah karena terus menguatnya dolar AS, dampak dari akan dinaikkannya suku bunga acuan oleh The Fed untuk mengatasi inflasi tinggi. Indeks dolar (DXY) sendiri diperkirakan bisa menguat ke 105, karena inflasi AS sudah mencapai 8,6 persen secara year-on-year per Mei 2022.

Celsius dan Terra LUNA

Celsius adalah aplikasi web popular yang memungkinkan penggunaka melakukan simpan-pinjam kripto. Celsius sendiri banyak berinvestasi di beberapa proyek kripto, di antaranya adalah Terra LUNA.

Pada Mei 2022 lalu, berdasarkan laporan Nansen ditemukan bahwa, Celsius Network terindikasi punya peran penting di kejatuhan Terra LUNA.

Memang, telah lama diduga bahwa ada beberapa pihak yang terlibat secara sengaja di kejatuhan Terra LUNA, yang berpangkal dari runtuhnya stablecoin algoritmiknya, UST.

Celsius Punya Peran Penting di Kejatuhan Terra LUNA?

Dalam laporan tersebut, di antara pihak-pihak yang menyebabkan kejatuhan Terra LUNA dan menarik UST dalam jumlah besar, tersebut nama Celsius Network di dalamnya.

Nansen telah menemukan bahwa dua dompet yang menarik UST senilai US$420 juta dari Anchor Protocol adalah milik platform pinjaman DeFi tersebut.

Selain itu, Celsius juga diketahui telah menggunakan Wormhole untuk mengonversikannya ke Ethereum. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait