spot_img
spot_img

PayPal Beli Perusahaan Keamanan Bitcoin Cs asal Israel

PayPal memastikan membeli Curv, perusahaan keamanan Bitcoin Cs (aset kripto). Nilainya diperkirakan mencapai US$200 juta.

Setelah pada tahun Paypal berkomitmen menyematkan layanan beli-jual Bitcoin di aplikasinya, PayPal membeli perusahaan Curv asal Tel Aviv, Israel. Ini digambarkan sebagai keseriusan perusahaan raksasa asal AS itu di bidang aset kripto yang sedang panas-panasnya.

PayPal memang tidak mengungkap berapa biaya akuisisi itu, tetapi sumber anonim yang dilansir oleh media Decrypt, mengatakan nilainya sebesar US$200 juta. Akuisisi itu tercatat sebagai akuisisi pertama PayPal di bidang aset kripto, yang bisa ditafsirkan sebagai lembar baru PayPal baik.

Curv tergolong sebagai peplor dalam hal penggunaan komputasi multi pihak (MPC) untuk mengamankan simpanan aset kripto di wallet.

Berbeda dengan teknik penyimpanan biasa seperti multisig yang mengandalkan kode akses terhadap beberapa pihak, MPC mengandalkan matematika dan cloud computing untuk mencegah akses tanpa izin.

Pendiri Curv, Itay Malinger, yang pernah bekerja di perusahaan keamanan web Akamai, menyebut terobosan terbaru dalam matematika menjadikan MPC dapat dipakai untuk penyimpanan aset kripto. Solusi Curv melibatkan keamanan total dan akses mudah terhadap aset kripto.

Sementara itu, Jose Fernandez da Ponte, Wakil Presiden dan General Manager grup aset digital dan blockchain PayPal, mengatakan negosiasi dengan Curv berlangsung hampir setahun. PayPal ingin tetap memekerjakan 40 anggota tim Curv di unit teknis.

PayPal akan memakai teknologi Curv untuk memberikan lapisan keamanan bagi layanan aset kripto di aplikasinya agar transfer antar negara menjadi lebih aman.

Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan, di mana PayPal memiliki penyedia kustodian berbeda-beda dan harus memindahkan aset dari satu kustodian ke kustodian lain.

Layanan aset kripto PayPal memang masih tersedia di AS, tetapi perusahaan ini tidak hanya berencana memperluas layanan aset kriptonya, melainkan juga menerapkan teknologi blockchain pada skala global di banyak negara.

CEO PayPal Dan Schulman mengatakan ia meliaht inisiatif aset kripto PayPal sebagai bagian dari rencana luas untuk membangun inklusi keuangan.

Menurut Fernandez da Ponte, peluang terbesar bagi aset kripto mengubah sektor keuangan tidak hanya soal transaksi peer-to-peer.

Katanya, ada peluang bagi jutaan klien usaha kecil dan menengah PayPal menikmati biaya transaksi lebih rendah, sehingga menciptakan sistem keuangan yang lebih hemat dan adil.

Visi PayPal bagi inklusi keuangan didasarkan pada pembangunan infrastruktur pembayaran global baru bertenaga blockchain yang memudahkan orang serta bisnis memindahkan uang.

Fernandez da Ponte menambahkan, ambisi kripto PayPal terkait dengan laju adopsi aset digital oleh bank sentral.

Investasi PayPal di sektor aset kripto dapat mendorong perusahaan ini mendapat posisi kunci untuk mensuplai infrastruktur keuangan generasi baru bagi konsumen dan merchant. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait