Peluncuran Testnet Holesky Ethereum Gagal, Ini Penyebabnya

Komunitas Ethereum telah dengan penuh harap-harap cemas menantikan perkembangan besar dalam ekosistemnya dengan peluncuran testnet Holesky, yang dijadwalkan akan menggantikan testnet terbesarnya saat ini, Goerli.

Peluncuran Testnet Holesky Ethereum Gagal 

Namun, saat hari peluncuran yang dijadwalkan tiba, pengungkapan mengejutkan oleh reporter Tiongkok bernama Colin Wu mengguncang komunitas tersebut karena proyek tersebut gagal dimulai karena disebut sebagai kesalahan dalam mencocokkan beberapa parameter.

Saat Ethereum merayakan ulang tahun pertama dari transisi besar-besaran dari konsensus proof-of-work menjadi blockchain proof-of-stake, yang disebut sebagai The Merge, para pengembang memperkenalkan testnet Holesky pada Jumat lalu (15/9/2023).

Penggantian Goerli ini bertujuan untuk meningkatkan lingkungan pengujian di blockchain, di mana testnet baru ini memiliki ukuran dua kali lipat dari jaringan utama.

Parithosh Jayanti, Pengembang inti Ethereum, mengonfirmasi bahwa Holesky, dengan 1,4 juta validator untuk mengatasi tantangan skalabilitas mainnet, akan menjadi testnet terbesar untuk blockchain ini.

Holesky telah bergabung dengan testnet sebelumnya, Goerli dan Sepolia, namun peluncuran yang sangat dinantikan hari ini terhenti karena masalah konfigurasi yang memerlukan peluncuran ulang.

Selama percobaan peluncuran awal testnet, blok-blok pertama Holesky menjadi terlihat melalui penjelajah blockchain baru di situs web beaconcha.in.

Ketika memberikan komentar mengenai alasan mengapa para pengembang membuat testnet yang lebih besar, Jayanthi menekankan pentingnya menghindari masalah skalabilitas di mainnet.

“Kami tidak ingin menghadapi masalah skalabilitas yang mungkin terjadi di mainnet terlebih dahulu. Kami ingin mengidentifikasi dan menangani masalah skalabilitas ini di testnet, yang membutuhkan testnet yang lebih besar daripada jaringan utama Ethereum,” ujarnya, dilansir dari Coin Edition.

Seorang peneliti Ethereum yang dikenal sebagai proto.eth, menjelaskan masalah kesalahan konfigurasi dan ketidakcocokan parameter yang menyebabkan kegagalan peluncuran.

Peneliti tersebut menjelaskan bahwa kemunduran ini tidak terkait dengan ukuran jaringan, tetapi berasal dari masalah teknis tertentu yang perlu diatasi sebelum testnet dapat diluncurkan dengan sukses.

Komunitas ETH tetap berharap bahwa tantangan teknis ini akan segera diatasi dan testnet Holesky akan segera berjalan.

Dalam dunia teknologi blockchain yang terus berkembang pesat, penundaan dan hambatan bukanlah hal yang jarang terjadi dan komunitas memahami betapa pentingnya pengujian yang teliti untuk memastikan stabilitas dan skalabilitas jaringan Ethereum. [st]

 

Didukung Oleh Investing.com
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait