Pembaruan Vasil Cardano ADA, Apa Gunanya?

Input Output Global (IOG) memberikan pengumuman terkait hard fork Vasil Cardano (ADA) pada Selasa (07/06/2022) lalu. Pengembang Cardano berkata pembaruan Vasil akan diaktifkan sesuai rencana pada 29 Juni 2022 mendatang.

Menyusul berita tersebut, ADA meningkat 13 persen dan mencapai harga US$0,6. Momentum lanjut menguat 9 persen pada hari Rabu (08/06/2022) kemarin dan mencapai garis 50-day moving average.

Analis kripto memperkirakan pembaruan Vasil akan menjadi katalis bagi peningkatan harga lebih lanjut seiring peristiwa tersebut kian mendekat.

Hard Fork Vasil Cardano (ADA) 

Bulan lalu, akun Twitter Cardians (@Cardians_) menunjukkan grafik harga ADA terkait peristiwa hard fork pada masa lalu. Setiap hard fork sebelumnya didahului oleh peningkatan harga lalu disusul oleh penurunan harga.

Pengecualian terjadi ketika hard fork Mary, dimana harga ADA terus meningkat selama beberapa pekan setelah pembaruan tersebut dilaksanakan. Hard fork Alonzo disusul oleh pelemahan harga ADA sewaktu kondisi pasar aset kripto melesu pada saat itu.

Pembaruan Vasil berada pada era skalabilitas Basho dalam rencana Cardano. Era ini fokus kepada optimasi jaringan demi meningkatkan performa sebagai persiapan adopsi masal dan pertumbuhan.

Utamanya, Vasil akan mempercepat rantai utama Cardano melalui teknologi diffusion pipelining yang meningkatkan ukuran blok dan efisiensi propagasi blok.

Hasilnya adalah kapasitas lebih besar dengan perubahan minimal terhadap protokol dasar.

Crypto Slate melansir, IOG menjelaskan, “Vasil bertujuan meningkatkan kapasitas dan dapat dicapai dengan perubahan minimal terhadap sistem. Sebab itu, Vasil merupakan kandidat baik untuk penerapan dalam waktu dekat.”

Pembaruan Vasil turut mencakup penerapan sejumlah Cardano Improvement Proposal (CIP). Diantaranya adalah CIP-31 yang mengenalkan input rujukan baru untuk memperbaiki penyimpanan dan akses data.

CIP-32 mengelola cara data disemat untuk proses lebih mudah, dan CIP-33 ditambahkan untuk mengecilkan ukuran script demi mengurangi beban komputasi.

Soal bagian pembaruan Vasil yang rumit, IOG menyatakan komponen pendamping seperti sistem API juga akan menerima pembaruan secara terkoordinasi.

Node Vasil baru telah dirilis bersama dengan sejumlah isu yang ditemukan saat uji coba. Tim Cardano sedang mencari solusi permasalahan tersebut.

Mitra ekosistem mendapatkan akses terhadap testnet khusus untuk mencoba rilis node baru tersebut dan mengoptimasi prosesnya.

Hari Jum’at (10/06/2022) mendatang merupakan titik kritis dalam proses pembaruan Vasil. Tim Cardano akan melakukan rapat untuk memutuskan pengaktifan hard fork tersebut. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait