Pembela Bitcoin: Aset Kripto Ether (ETH) adalah Skema Ponzi

5093

Adam Back, pakar kriptografi sekaligus pendiri perusahaan blockchain Blockstream yang juga pembela Bitcoin menyebutkan, bahwa aset kripto Ether (ETH) adalah skema ponzi. Apa pasal?

Setelah Blockchain Ethereum masuk tahap ujicoba testnet terbaru, menuju versi 2.0, Adam Back menyerang aset kripto ETH yang merupakan produk turunan dari blockchain itu.

“Bitconnect, Charles Ponzi, Ethereum, Onecoin, Cardano, Ripple, Bernie Madoff, Stellar dan Dan Larmer. Bagi saya semuanya terlihat sangat mirip,” katanya melalui Twitter.



Charles Ponzi yang dimaksudnya Back adalah pencipta penipuan berkedok investasi pada tahun 1920-an. Sedangkan Bitconnect dan OneCoin adalah proyek aset kripto yang terkenal yang mirip seperti skema ponzi ala Charles.

Kemiripan keduanya disamaratakan oleh Back terhadap Ethereum, Ripple dan Stellar, termasuk dengan Dan Larmer, yang mungkin merujuk pada pencipta Bitshares dan Steem.

Adam Back memang bukan orang sembarangan di ranah kriptografi dan blockchain. Penemuannya, yakni Hashcash dijadikan sebagai rujukan oleh Satoshi Nakamoto dalam menciptakan Bitcoin pada tahun 2008 silam.

Karya Adam Back sebagai rujukan penciptaan Bitcoin oleh Satoshi Nakamoto. Sumber: Bitcoin.org.

Adam Back juga ternama sebagai pendiri dan pemimpin perusahaan Blockstream yang sangat fokus pada pengembangan teknologi blockchain Bitcoin, mulai dari satelit blockchain hingga mendukung pengayaan protokol Bitcoin Lightning Network.

BERITA TERKAIT  Harga Bitcoin Naik Akibat Lightning Network?

Dia juga kerap disebut-sebut sebagai Satoshi Nakamoto, kendati tanpa bukti yang solid. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO