Pemerintah Tiongkok Dukung NFT, Ini Jalurnya!

Jaringan Layanan Blockchain Tiongkok (BSN) berencana mendukung NFT. Sebab aset kripto dilarang di Tiongkok, NFT tersebut akan dihargai dalam yuan.

BSN merupakan jaringan multi-blockchain yang didukung negara dan digawangi oleh Pusat Informasi Negara (SIC) beserta dengan Red Date, China Mobile dan China UnionPay.

Agar berbeda dengan NFT blockchain publik, NFT BSN akan disebut Sertifikat Digital Distribusi BSN (BSN-DDC). BSN meluncurkan jaringan itu demi menjadikan blockchain lebih mudah dan terjangkau bagi usaha menengah.

BSN-DDC membuat proses mint NFT menjadi lebih hemat dibanding platform Tiongkok lain. Menurut He Yifan, CEO Red Date perusahaan dukungan teknologi BSN, NFT dapat dicetak menggunakan BSN-DDC dengan biaya 0.7 sen dolar AS.

Red Date Technology telah menerima investasi US$30 juta yang dipimpin anak perusahaan Saudi Aramco. He berkata NFT di Tiongkok akan memiliki volume milyaran dolar di masa depan.

Kendati NFT belum pernah dilarang di Tiongkok, perusahaan yang memasuki sektor ini sangat berhati-hati dan menyebutnya kolektibel digital. Perusahaan yang telah meluncurkan kolektibel termasuk Ant Group dan Tencent.

Di dunia Barat, konsep NFT terkait erat dengan aset kripto. Banyak platform dan gerakan NFT dimodali oleh investor besar di industri kripto. Proyek-proyek baru yang meluncur bertujuan menggaet pegiat kripto sebagai calon pelanggan.

Gerakan BSN-DDC berpotensi memperlihatkan kegunaan NFT selain kolektibel. Di dunia internasional, NFT telah dipakai untuk beragam penerapan, seperti paspor barang mewah yang menunjukkan keaslian.

Penggunaan istilah sertifikat digital adalah petunjuk BSN berniat NFT dipakai untuk membuktikan keaslian dan mendigitalisasi proses berbasis berkas kertas.

Jaringan BSN mendukung 20 blockchain berbeda. DDC akan terpadu dengan sepuluh blockchain, termasuk adaptasi Ethereum, Corda dan FISCO-BCOS. Jaringan ini sudah mendapat 20 mitra.

Ada dua cabang jaringan BSN, satu di Tiongkok dan satu bersifat internasional. Jaringan global BSN berencana mendukung pembayaran dalam beragam mata uang dan uang digital bank sentral (CBDC). Perusahaan audit EY termasuk salah satu pengguna yang telah terintegrasi dengan solusi blockchain jaringan BSN. [ledgerinsights.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait