Pemerintah Ukraina Sasar Donasi Kripto Senilai US$200 Juta

Pemerintah Ukraina ternyata menargetkan donasi kripto yang diterimanya senilai US$200 juta atau setara Rp2,8 triliun. Per Jumat malam hari ini, donasi kripto yang telah diterima sejak invasi Rusia adalah senilai lebih dari US$55 juta.

Angka target itu tertera di laman donasi kripto, situs Kementerian Transformasi Digital Ukraina.

Help Ukraine with crypto, don’t leave us alone with the enemy,” tertera di laman itu.

IKLAN

Ukraina Terima Donasi Kripto Ini

Sejumlah jenis kripto yang bisa dikirimkan oleh donatur, yakni Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Tether (USDT), Terra (LUNA), Polkadot (DOT), Dogecoin (DOGE), Monero (XMR), Casper (CSPR), Solana (SOL), Cardano (ADA), Hedera (HBAR) dan ICON (ICX).

Selain berupa kripto, Pemerintah Ukraina juga menerima sumbangan berupa uang fiat, yakni dolar AS, euro, dolar Kanada, pound, dan dolar Australia.

Aksi “minta donasi” kripto itu ternyata didukung oleh sejumlah perusahaan kripto Barat, yakni Everstake, FTX dan KUNA.

Sebelumnya memang Pemerintah Ukraina lewat Kementerian Transformasi Digital Ukraina, termasuk oleh sang Presiden Volodymyr Zelenskyy, mengatakan bahwa donasi kripto fokus digunakan untuk membeli perlengkapan senjata guna melawan Rusia yang sudah merangsek ke ibukota.

Gerakan donasi kripto ini diselaraskan dengan undang-undang yang melegalkan kegiatan trading kripto di negeri itu. Undang-undang itu ditandatangani oleh Zelenskyy beberapa hari yang lalu dan berlaku efektif mulai kemarin, Kamis (17/3/2022).

Kementerian Transformasi Digital Ukraina, menyatakan, dengan adanya aturan itu, akan memungkinkan perdagangan kripto asing dan lokal Ukraina beroperasi secara legal, termasuk sejumlah perusahaan crypto exchange.

Berdasarkan penelusuran Redaksi Blockchainmedia.id, jumlah total donasi kripto Bitcoin yang diterima lewat address: 357a3So9CbsNfBBgFYACGvxxS6tMaDoa1P, hingga Jumat (18/3/2022) pukul 19.04 WIB, mencapai 321,3 BTC. Terpantau di Blockchain.com, transaksi BTC yang masuk terus bertambah.

Sedangkan donasi berupa kripto popular, Solana (SOL), mencapai 2.311,67 SOL (US$199.243,12).

Sementara itu untuk Dogecoin (DOGE) yang telah diterima sebanyak 877.168 DOGE, dengan address penerima: DS76K9uJJzQjCFvAbpPGtFerp1qkJoeLwL.

Mengingat perlawanan Ukraina kepada laskar-laskar Rusia masih panas, donasi kripto untuk Ukraina ini dipastikan akan terus bertambah.

Cara ini memang dianggap lebih efisien dan mudah, daripada memberikan donasi menggunakan layanan bank konvensional yang relatif mahal dan lama. [ps]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait