Penambang Bitcoin Ini Sukses Dapat Pinjaman US$100 Juta

Perusahaan penambang Bitcoin, Marathon, mendapat pinjaman US$100 juta dari Silvergate Bank, yang dijamin oleh simpanan Bitcoin (BTC). Kesepakatan ini terjadi di tengah kondisi pasar lesu dimana beragam penambang Bitcoin menjual BTC untuk membayar hutang.

Pada Senin (01/08/2022), Marathon juga melakukan restrukturisasi pinjaman lain senilai US$100 juta dengan jaminan Bitcoin. Pinjaman ini turut didapatkan dari bank yang sama.

Penambang Bitcoin Meraih Dana Pinjaman

Jalur pinjaman baru tersebut mengizinkan Marathon menarik US$50 juta di awal dan US$50 juta ekstra hingga 270 hari setelah tutup pada 28 Juli 2022 lalu. Pinjaman tersebut dikenakan bunga variabel dengan besaran US$7,25 persen saat ini.

“Kami senang mendapatkan fasilitas pinjaman ini dan kami meyakini durasi pinjaman memberikan Marathon fleksibilitas tinggi untuk opsi pendanaan kami,” jelas CFO Marathon, Hugh Gallagher.

IKLAN

The Block melaporkan, pada Senin, Marathon mengumumkan tidak memiliki saldo terutang pada pinjaman pertama yang dijadwalkan kadaluarsa pada Oktober 2022. Kedua pinjaman tersebut kini memiliki tanggal pelunasan pada bulan Juli 2024.

Seiring nilai BTC merosot sekitar sepertiga pada bulan Juni, perusahaan seperti Bitfarms dan Argo menjual sebagian besar simpanan BTC untuk mengurangi saldo terutang pada beragam pinjaman. Bitfarms menjual tiga ribu BTC dan Argo menjual 637 BTC.

Core Scientific menjual total 7.202 BTC di kurun waktu yang sama.

Pada Senin lalu, Bitfarms berkata telah menjual BTC tambahan senilai 1.623 BTC di bulan Juli demi mengurangi pinjaman dengan jaminan BTC menjadi US$23 juta.

IKLAN

Keputusan Bitfarms menjual BTC dari produksi harian di tengah harga kripto yang terus merosot bertolak belakang dengan sikap sebelumnya dimana penambang tersebut menyimpan BTC. Pada tahun 2021, Bitfarms menambang total 3.453 BTC.

“Mempertimbangkan volatilitas ekstrim di pasar kripto, kami terus mengambil tindakan untuk memperbaiki likuiditas dan mengurangi hutang serta memperkuat neraca keuangan,” jelas kepala keuangan Bitfarms, Jeff Lucas.

Ia menambahkan, pihaknya tetap bullish terhadap apresiasi harga BTC secara jangka panjang. Tetapi, strategi menjual BTC membantu Bitfarms fokus kepada prioritas utama menjalankan operasi penambangan dan terus menumbuhkan bisnis dengan harapan ekonomi penambangan Bitcoin akan membaik.

Di sisi lain, Marathon berkata memiliki cadangan 10.055 BTC dan belum melakukan penjualan sejak bulan Oktober 2020. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait