Penambang Bitcoin Raup US$10 Miliar, Sedangkan ETH US$11 Miliar Sepanjang Tahun 2022

Dalam data terbaru, rupanya hasil dari penambang Bitcoin telah terlampaui hasil penambang Ethereum di sepanjang tahun 2022.

Sejak semula, Bitcoin dan Ethereum memang dianggap sebagai rival dalam menarik minat investor utama, di mana keduanya berada di posisi puncak dari sisi kapitalisasi pasar terbesar.

Bahkan, saat ini kapitalisasi pasar Ethereum telah hampir setengah dari kapitalisasi pasar BTC. Ini menandakan ada semangat kuat dari pendukung Ether untuk terus menyaingi kripto utama.

Selain itu, mendekati peralihan konsensus ke proof-of-stake (PoS), tampaknya membuat penambang kian bersemangat untuk mendapatkan koin Ether (ETH).

IKLAN

Penambang Bitcoin Terlewati Penambang ETH

Berdasarkan data Arcane Research yang dilansir oleh Ethereum World News, hasil penambang ETH telah lebih banyak dari penambang Bitcoin.

Penambang ETH telah menghasilkan US$11 miliar di sepanjang tahun 2022, lebih banyak US$1 miliar dari penambang Bitcoin di US$10 miliar.

Jelang pembaruan The Merge, penambang kian bersemangat karena nantinya mereka akan usang karena koin baru tidak akan dicetak melalui penambangan lagi, melainkan dari staking.

Melalui staking, validasi jaringan akan mengandalkan koin ETH yang disimpan dan dikunci di dompet kripto, sehingga segala mekanisme dalam jaringan akan berubah.

IKLAN

Saat ini, masih belum jelas bagaimana nasib para penambang pasca peralihan konsensus.

Namun, ada gagasan dari komunitas untuk membentuk jaringan Ethereum dengan mempertahankan versi blockchain ETH saat ini dan mempertahankan peran penambang dalam ekosistem PoW.

Tentu saja, itu semua masih sebuah kemungkinan, belum ada kabar pasti dari pengembang Ethereum untuk masalah ini.

Janji Justin Sun

Pendiri TRON, Justin Sun, telah mengungkapkan dukungannya pada hard fork Ethereum dan mengharapkan The Merge berhasil.

IKLAN

Untuk menunjukkan dukungannya, pecinta NFT ini berjanji untuk mendonasikan 1 juta koin ETH jika komunitas berhasil dan sukses menjalankan hard fork.

“Saat ini kami memiliki lebih dari 1 juta ETH. Jika hard fork Ethereum berhasil, kami akan mendonasikan sebagian ETHW yang telah di-fork kepada komunitas dan developer ETHW untuk membangun ekosistem Ethereum,” ujar Sun dalam cuitan Twitter-nya. [st]

 

spot_img

Terkini

Terkait