Penambangan Bitcoin Justru Dapat Mencegah Perubahan Iklim Buruk

Banyak diduga merusak lingkungan, penambangan Bitcoin justru kini diketahui dapat mencegah perubahan iklim buruk, menghindari pemanasan global sebesar 0,15 derajat celsius.

Memang, sejak awal penambangan Bitcoin dinilai memberi dampak buruk bagi lingkungan, mulai dari emisi karbon yang dihasilkan, hingga borosnya penggunaan energi.

Konsensusnya, proof of work (PoW), menuai banyak kecaman dan digadang akan banyak dilarang di berbagai negara sebagai bentuk “bela lingkungan” dari Pemerintah.

Juga, telah banyak pengamat yang menyarankan agar BTC berpindah konsensus, ke proof of stake (PoS) yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

IKLAN

Penambangan Bitcoin Menghindari Pemanasan Global 

Namun, berdasarkan laporan Bitcoin Magazine, penambangan Bitcoin rupanya dapat memberi dampak positif, mencegah perubahan iklim buruk, di luar dugaan banyak orang.

Daniel Batten, seorang investor teknologi iklim, penulis, analis dan juru kampanye lingkungan, telah melihat bahwa penambangan kripto punya potensi untuk menghindari pemanasan global sebesar 0,15 derajat celsius.

Menurut Daniel, penambangan Bitcoin adalah satu-satunya teknologi yang tersedia secara praktis dan skalabel untuk mengurangi gas rumah kaca paling mematikan saat ini, yaitu metana.

Sekadar informasi, metana adalah gas sisa yang banyak dihasilkan dari pembuangan sampah, ladang minyak dan kotoran ternak. Saat metana lepas ke udara tanpa di bakar, itu akan menjadi pemanasan yang 30 kali lebih banyak daripada karbon dioksida selama periode 100 tahun.

IKLAN

Dan menurut Program Lingkungan PBB (UNEP), memangkas metana akan menjadi pengungkit terkuat yang dapat dimiliki untuk memperlambat perubahan iklim selama 25 tahun ke depan. Dan penambangan kripto adalah satu-satunya jalan keluar untuk itu.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Secara singkat, alih-alih melepaskan metana ke udara, tempat pengelola sampah (TPA) dapat membuat sistem yang melibatkan kombinasi pipa dan flaring, membakar metana untuk pada akhirnya mengubahnya menjadi energi listrik.

Perusahaan penambangan Bitcoin akan menghadirkan unit mobile-nya ke TPA, sehingga bisa mendapatkan listrik murah dan TPA dapat mengurangi emisi metananya. Kerja sama yang saling menguntungkan.

Hal serupa dapat dilakukan di ladang minyak dan pengelolaan limbah kotoran ternak, yang pada akhirnya dapat mengurangi secara masif, jumlah metana yang dilepas ke udara. Penambangan Bitcoin dapat berperan mengurangi perubahan iklim dalam jangka panjang. [st]

IKLAN

 

 

spot_img

Terkini

Terkait