spot_img
spot_img

Penampakan Chivo, Dompet Bitcoin Rakyat El Salvador

Chivo adalah dompet Bitcoin yang resmi pertama digunakan oleh rakyat El Salvador, didukung oleh Pemerintahan Nayib Bukele. Chivo menjamin tanpa biaya transaksi. “chivo” adalah bahasa sehari-hari di kawasan Amerika Latin yang berarti “cool” atau “keren”.

Selasa, 7 September 2021 adalah hari bersejarah bagi dunia dan politik global. Pasalnya, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alternatif alat pembayaran selain dolar AS.

Itulah tanggal resmi berlaku efektifnya undang-undang Bitcoin yang telah disahkan oleh parlemen pada Juni 2021 lalu.

Chivo pun didaulat resmi sebagai satu-satunya dompet Bitcoin untuk menukar dolar AS menjadi Bitcoin dan sebaliknya.

Beberapa pekan sebelum pemberlakuan undang-undang itu, sebuah video tutorial diterbitkan, cara menggunakan aplikasi mobile itu.

Dompet Bitcoin El Salvador
Tampilan dompet Bitcoin Chivo di toko aplikasi Huawei.

Sang Presiden pun dengan gegap gempita menggemakan itu di Twitter-nya.

Chivo saat ini memang tidak bisa diakses di semua negara, termasuk dari Indonesia.

Sejumlah percobaan yang kami lakukan di meja Redaksi kemarin, situs resmi Chivo bisa diakses dari IP Address Amerika Serikat, termasuk tautan di Google Play dan App Store. Chivo juga tersedia di toko aplikasi Huawei.

 

Dompet Bitcoin El Salvador, Ini Fitur-nya.

Dilansir dari situs resminya, dompet Bitcoin Chivo punya beberapa manfaat.

Pertama adalah, setiap pengguna baru Chivo akan mendapatkan Bitcoin senilai US$30. Kedua, tidak ada biaya kirim dan terima yang dibebankan kepada pengguna oleh Chivo, alias gratis, kecuali biaya transaksi jaringan Bitcoin sebagaimana biasanya.

Ketiga, terhubung ke sejumlah toko daring untuk bisa berbelanja. Keempat, pengguna bisa menarik dolar AS dan Bitcoin kapan saja.

Tampilan akun Chivo milik warga El Salvador. Sumber: Twitter.com.

Namun demikian, untuk urusan penyetoran dolar, Chivo mewajibkan menggunakan layanan VISA dan Mastercard, bisa menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit. Pilihan setoran lainnya bisa menggunakan layanan transfer antar rekening bank.

Sedangkan penarikan dolar AS, bisa langsung ke rekening bank pengguna atau bisa menggunakan ATM Chivo.

Penarikan Bitcoin tidak terbatas antar pengguna Chivo saja. Pengguna diperbolehkan mengirimkan Bitcoin dari Chivo ke dompet Bitcoin lain, seperti Exodus, Coinomi, Atomic Wallet, Electrum, Jaxx dan Trust buatan Binance.

Menilik keterangan wallet itu di toko aplikasi Huawei, pengembang dan penyedia aplikasi itu tertulis adalah “Pemerintah El Salvador”. Sedangkan perusahaan yang membantu pengembanganya adalah “CHIVO SA DE CV”.

Namun, berdasarkan laporan Forbes, Selasa (7/9/2021), pengembangan wallet itu dilakukan oleh perusahaan kripto ternama, yakni Bitgo. Di balik Bitgo, ada sejumlah investor besar, yakni Goldman Sachs dan Redpoint Ventures.

Layanan pengguna Chivo lewat WhatsApp.

 

Sesuai dengan undang-undang Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di El Salvador, Chivo memastikan sifatnya opsional. Beberapa hari yang lalu, perihal itu, sudah ditegaskan oleh sang presiden.

Misalnya ketika seorang penjual barang tidak ingin menerima Bitcoin sebagai pembayaran dari pembeli, maka Bitcoin bisa langsung ditukar di aplikasi Chivo menjadi dolar AS secara instan.

Sebagai catatan di sini, mata uang yang sah di El Salvador adalah sebelum Bitcoin adalah dolar AS. Ini berlaku sejak tahun 2001 silam.

Dengan berlakunya Bitcoin di negara Amerika Latin itu, maka Bitcoin menjadi satu kesatuan dalam sistem akuntansi negara, bersanding dengan dolar AS. [ps]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait