Penampakan Fase Bull Trap di Bitcoin

1819

Maret ini merupakan bulan yang sangat spektakuler bagi Bitcoin. Anjlok cepat pada 12 Maret 2020, tidak menekan daya beli warga dunia terhadap Raja Aset Kripto itu. Kendati rebound-nya tidak terlalu menyenangkan, karena enggan masuk ke level 7 ribu, namun saya menemui ada sejumlah titik “mantulnya”, termasuk penampakan fase bull trap di Bitcoin.

Oleh: Muhammad Kurnia Bijaksana
Analis teknikal aset kripto

Kita dapat memperhatikan bahwa di timeframe 1 minggu, harga Bitcoin sedang berusaha naik dan berusaha menembus area sekitar US$6.200 setelah terpuruk ke sekitar US$3.900 3 minggu lalu dan gagal menutup di atas US$7100 minggu lalu.

Skenario Bullish: Tren Naik
Di timeframe harian, terlihat bahwa Bitcoin sedang membentuk trend naik perlahan. Terlihat dengan terbentuknya Higher Lows dan Higher Highs seperti pada gambar.

BERITA TERKAIT  Pengguna DeFi Berkembang Biak, Bernilai Lebih dari US$2 Miliar

Skenario Bearish: Hanyalah Retracement
Namun jika kita lihat di timeframe mingguan, kita dapat lihat bahwa kenaikan 3 minggu lalu hanyalah sebuah koreksi dari penurunan yang sedang terjadi.

Terlihat bahwa harga Bitcoin telah tertolak tepat di titik 50% fibonacci retracement dan gagal menembus titik harga tersebut di minggu berikutnya.

Ditambah lagi kemungkinan terjadinya wick-filling yang memungkinkan harga kembali ke titik rendah sekitar US$3.900.

Kondisi Dunia yang Sedang Kacau
Harga aset kripto lainnya akan cenderung mengikuti harga Bitcoin dengan pola yang hampir sama. Jika kita amati, di luar pasar aset kripto, semua instrumen keuangan, kecuali emas sedang menunjukkan tanda-tanda bearish yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19 ini. Akankah harga aset aset kripto mengikuti mereka?

Walaupun Bitcoin digadang-gadang sebagai “uncorrelated asset” atau harganya tidak terpengaruh oleh instrumen lain (misalkan saham), namun berdasarkan price action belakangan ini, harga aset kripto mengikuti trend instrumen lain seperti index saham DJIA, NIKKEI, IHSG, dan lain sebagainya, yang merupakan cerminan kondisi ekonomi dunia saat ini.

Bull Trap
Jika kita menelaah kondisi pasar dunia sekarang, sangatlah meyakinkan bahwa kita sedang berada di fase bull trap, di mana setelah harga turun, orang masih yakin akan naik lagi karena ada kenaikan sekejap (di index Dow Jones ditunjukkan dengan kenaikan seperti pada gambar), hanya untuk turun lagi lebih jauh.

Penulis meyakini hal ini dikarenakan adanya stimulus ekonomi yang besar, namun kondisi dunia masih belum membaik akibat pandemi Covid-19.

Trend Indeks Saham Dow Jones.
Ruang bull trap.

Kesimpulan
Beberapa minggu dan bulan ke depan kita dapat melihat apakah benar Bitcoin dan aset kripto lainnya bisa membuktikan dirinya sebagai uncorrelated asset dan safe haven di tengah-tengah krisis global.

BERITA TERKAIT  Ada ATM Bitcoin Baru di Mall di Venezuela

Bisa jadi sekarang-sekarang adalah masa terbaik untuk berinvestasi di aset kripto, atau mereka akan ikut turun dan hancur seperti instrumen lainnya. [*]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO