spot_img
spot_img

Pendiri Bedrock: SHIB Akan Bernasib Seperti Pets.com

Dalam cuitan terbaru, pendiri Bedrock Capital, Geoff Lewis, membandingkan mania aset kripto meme yang populer Shiba Inu (SHIB) dengan Pets.com, perusahaan besar pada masa gelembung dotcom di penghujung dekade 1990 yang kini telah mati.

Lewis, yang merupakan investor awal di perusahaan taksi daring Uber, meyakini SHIB berada di posisi yang sama dengan toko hewan peliharaan daring tersebut pada tahun 2000 sebelum tutup.

Pets.com dikenali sebagai salah satu bencana terbesar di masa gelembung dotcom. Perusahaan ini menjadi kisah sukses besar hanya dalam hitungan bulan setelah didirikan pada bulan Februari 1999.

Raksasa ritel daring Amazon membeli saham Pets.com sebanyak 54 persen pada bulan Maret 1999. Di akhir tahun itu, Pets.com menjalankan kampanye iklan besar yang membuat maskot bonekanya menjadi selebriti nasional.

Maskot yang berbentuk kaos kaki tersebut bahkan tampil di acara olahraga 2000 Super Bowl. Iklan Pets.com senilai US$1,2 juta ditonton oleh lebih dari 80 juta pemirsa. Iklan itu menampilkan beragam hewan yang ditinggal di rumah karena majikannya pergi ke toko untuk membeli makanan.

Setelah Pets.com diperdagangkan di bursa Nasdaq pada bulan Februari, maskot itu tampil di acara talk show Good Morning America sehingga semakin mendorong popularitas Pets.com.

Kendati penjual makanan hewan tersebut menggelontorkan dana senilai US$11 juta, Pets.com hanya berhasil meraih pendapatan sebesar US$619 ribu dari hasil menjual aksesoris dan suplai hewan peliharaan.

Akibat kurangnya model bisnis yang menguntungkan, Pets.com bangkrut dalam waktu 268 hari setelah melantai di Nasdaq dan menjadi salah satu perusahaan dengan umur paling singkat. Saham Pets.com anjlok dari US$14 menjadi US$0,19.

Pengamat kripto acapkali membuat analogi gelembung dotcom dengan altcoin, dan SHIB muncul sebagai target terbaru para kritikus disebabkan peningkatan harganya yang luar biasa.

Kanal berita u.today melaporkan, Edward Snowden baru-baru ini menghimbau sikap hati-hati terhadap saingan Dogecoin tersebut. Ia mengklaim SHIB tidak akan menguntungkan investor.

CEO Creative Planning, Peter Mallouk, turut mewanti-wanti harga SHIB bisa ambruk ke nol setelah kapitalisasi pasar aset kripto itu melampaui nilai Deutsche Bank.

Kendati sempat turun 50 persen dari harga tertinggi, SHIB telah pulih dan semakin kuat selama beberapa pekan terakhir, dengan harga perdagangan US$0,00005527. [u.today/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait