Pengaturan Website Blockchain Kini Bisa Dilakukan di MyEtherWallet

159

Pengaturan website blockchain besutan Unstoppable Domains kini bisa dilakukan di MyEtherWallet. Pengaturan itu mencakup penyimpanan file website ke IPFS agar selanjutnya bisa disimpan ke blockchain Ethereum.


Produk Unstoppable Domains, yakni pembelian domain dan pembuatan website berbasis blockchain menarik perhatian MyEtherWallet (MEW) sebagai wallet Ethereum yang “cukup senior”.

Itulah sebabnya sejak Kamis (18 Juni 2020) MEW menambahkan fitur itu di platform-nya. Sebelumnya pengguna layanan Unstoppable Domains harus melakukan pengaturan itu langsung di platform mereka.

Nah, melalui MEW (dalam kategori dApp/decentralized app), Anda bisa membeli domain blockchain berekstensi .crypto dan melakukan pengaturan IPFS.

Redaksi sudah beberapa kali menjajal layanan Unstoppable Domains itu, mulai dari proses pembelian domain dan menyimpan file website ke IPFS, sehingga domain itu dibuka di browser. Silahkan ikuti tutorialnya di sini dan di sini.

Sejauh ini, redaksi menilai amat baik, sebagai penerapan nyata blockchain untuk urusan website yang dipadukan dengan IPFS yang jaringannya juga peer-to-peer.

Selain itu domain blockchain bisa mempermudah transaksi banyak aset kripto, karena address bisa diwakili oleh satu domain saja. Misalnya Anda ingin mengirimkan Bitcoin, tak perlu lagi memasukkan address yang panjang itu, tapi melalui domain khusus, misalnya btcku.crypto. Tentu saja sebelumnya Anda harus mengatur address BTC mana saja yang diwakili oleh domain itu.

Untuk urusan website, semua file memang tidak bisa disimpan langsung ke blockchain Ethereum, melainkan harus melalui layanan IPFS. Cara ini sangat masuk akal agar lebih mudah melakukan pembaruan konten website, bilamana diperlukan. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO