Penjelasan Lengkap Apa Itu Shibarium Testnet Versi Beta

Tim Shiba Inu mengkonfirmasikan testnet beta publik Shibarium akan segera diluncurkan. Menurut pengumuman terbaru, testnet publik hampir selesai dan dapat dirilis dalam waktu dekat.

Apa itu Shibarium?

Shibarium adalah jaringan layer-2 (L2) bagi Shiba Inu (SHIB) yang berjalan di atas blockchain Ethereum (ETH). Jaringan L2 tersebut bertujuan mengurangi biaya transaksi gas fee secara signifikan dan memberikan waktu transaksi lebih cepat.

Unification adalah nama perusahaan yang mengembangkan jaringan L2 tersebut dan akan tetap bersifat desentralistik demi melindungi keamanan pengguna.

Kapasitas transaksi per detik (TPS) Shibarium tidak dijelaskan dalam pengumuman terbaru tim Shiba Inu. TPS hanya dapat dievaluasi ketika testnet diluncurkan untuk optimasi jaringan.

IKLAN

Tetapi, perkiraan rentang TPS dapat dibandingkan dengan jaringan lain dengan spesifikasi serupa dan tidak dapat dibandingkan dengan jaringan layer-1 (L1).

Gas fee, yakni biaya transaksi dan penggunaan, tidak dinyatakan dalam pengumuman terbaru. Biaya tersebut diduga akan bernilai lebih rendah dibanding blockchain L1 seperti Ethereum yang menjadi landasan Shibarium.

Watcher Guru melaporkan, gas fee dapat bernilai sekitar US$0,01 per transaksi, tetapi angka tersebut baru dapat diketahui pasti setelah Shibarium berfungsi penuh.

Bone (BONE) merupakan token native dan governance bagi Shibarium yang akan digunakan sebagai gas fee untuk membayar transaksi pada jaringan tersebut.

IKLAN

Sebab itu, BONE memegang peran penting dalam jaringan L2 dan akan menjadi kunci agar fungsi Shibarium berjalan lancar. Validator dan delegator pada Shibarium akan dibayar dengan BONE sebagai imbalan atas pekerjaan memverifikasi transaksi.

Shibarium disebut akan mendorong burn rate SHIB ketika sudah berjalan. Burn rate adalah laju pemusnahan token SHIB yang dilakukan demi mengurangi suplai SHIB yang beredar.

Menurut data situs Shib Burn, hari ini burn rate SHIB mencapai 116 persen. Transaksi terbesar melibatkan pemusnahan 36 juta SHIB senilai US$360.

SHIB diperdagangkan dengan harga US$0,00001, meningkat 14,8 persen dalam sehari terakhir menurut data CoinGecko. Sejak awal Januari, SHIB telah mengalami reli sebesar 47 persen dalam kurun waktu dua pekan.

Kendati menguat, harga SHIB masih jauh dari all-time high senilai US$0,00008 yang dicapai pada Oktober tahun 2021. [ed]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait