Peran Binance Terkait FTX Akan Disorot Kongres AS

Peran Binance terkait runtuhnya FTX akan disorot oleh Kongres AS dalam rencana rapat dengar pendapat Desember mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang anggota DPR dari Partai Republik, Patrick McHenry, dilansir dari TheBlock, Rabu (16/11/2022) waktu setempat.

Menurut Patrick, bangkrutnya FTX adalah masalah yang serius dan Binance punya peran penting dalam hal itu dan harus disorot.

“Kasus ini serius dan berimplikasi luas. Dan bahwa peran Binance dalam krisis ini akan menjadi salah satu fokus sidang pada Desember mendatang,” ujarnya.

IKLAN

Di hari yang sama Ketua Komisi Layanan Keuangan DPR AS, Maxine Waters mengatakan akan menggelar rapat dengan pendapat dan memanggil perwakilan FTX, Binance, Alameda Research dan sejumlah pihak terkait.

Waters dalam keterangan resminya di Twitter mengatakan, kebangkrutan FTX membawa dampak yang mengkhawatirkan kepada jutaan pengguna. Tak sedikit di antara mereka yang berinvestasi melalui FTX menggunakan gaji mereka.

“Itu sebabnya rapat dengar pendapat nanti sangat penting untuk mempertimbangkan dilakukannya investigasi terhadap FTX,” kata Waters.

Baik Waters dan Patrick menolak berkomentar apakah mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried juga dipastikan akan hadir dalam rapat penting itu, terlebih-lebih apakah berpotensi terjerat hukum dan dibawa ke pengadilan.

“Langkah pertama adalah panggilan bipartisan untuk dengar pendapat. Berikutnya akan dimasukkan ke dalam agenda berikutnya, ” kata anggota Komite Jasa Keuangan DPR AS itu.

Saat ditanya apakah situasi FTX menambah urgensi untuk negosiasi seputar undang-undang stablecoin sebelum akhir masa jabatan Kongres, ia berpendapat itu berpulang kepada Waters sebagai ketua.

“Waters dan saya telah melakukan diskusi intens dan akan diselaraskan dengan peraturan yang ada,” jelasnya.

Binance dan FTX

Ia berpendapat, yang pasti, keruntuhan FTX akan memberikan urgensi munculnya undang-undang tambahan untuk mendefinisikan secara jelas apa itu aset digital dan mengatur dan mengawasi bisnis crypto exchange.

Binance sendiri berkali-kali membantah punya peran sentral dalam kejatuhan FTX. Dalam jawaban tertulis DPR Inggris, perusahaan pesaing FTX itu berpendapat, penyebab kegagalan FTX adalah karena kelalaian dalam pengelolaan keuangan dan kemungkinan aksi penipuan. [ps]

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait