spot_img
spot_img

Peretas Poly Network Kembalikan Dana Rp4,9 Triliun

Peretasan terbesar di sejarah kripto tampaknya berakhir damai setelah Poly Network menerima lebih dari setengah dana yang sebelumnya dicuri.

Peretas yang bertanggungjawab mencuri kripto senilai US$600 juta dari protokol interoperabilitas multi-rantai Poly Network telah mengembalikan dana sekitar US$342 juta atau Rp4,9 triliun. Hal itu terlihat melalui beragam block explorer.

Dana Poly Network Dikembalikan

Eksploitasi pada Poly Network, protokol desentralistik yang membangun jembatan interoperabilitas antar beragam blockchain, mengakibatkan seorang peretas anonim menyedot dana kripto sebanyak US$600 juta dari proyek tersebut.

Peristiwa ini adalah peretasan terbesar dalam riwayat industri kripto. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh peretas yang menyerang bursa kripto Coincheck pada bulan Januari 2018. Serangan ini berakibat kepada hilangnya dana sebesar US$530 juta.

Kemarin, pengembang Poly Network memasang tiga dompet khusus bagi Binance Smart Chain, Polygon dan Ethereum setelah sang peretas mengumumkan siap mengembalikan dana yang dicuri. Tidak lama kemudian, transaksi-transaksi pertama mulai masuk hingga berjumlah US$5 juta dalam hitungan jam.

Sejak itu, peretas terus memperbesar pengembalian dana.

Saat ini, sebagian besar dana yang dikembalikan bertempat di dompet Binance Smart Chain milik perusahaan. Alamat ini telah menerima kripto sekitar US$252,5 juta dari peretas.

Angka tersebut mencakup stablecoin Binance USD senilai US$120 juta dan juga 26.629 ETH senilai US$83,55 juta, 1.023 BTC senilai US$46,37 juta dan 6.620 Binance Coin senilai US$259 juta.

Di saat yang sama, dompet Polygon Poly Network telah menerima stablecoin USDC lebih dari US$85 juta.

Dompet Ethereum Poly Network menerima pengembalian paling sedikit, yaitu token Shiba Inu senilai US$2 juta, Uniswap (UNI) senilai US$1,23, Bitcoin senilai US$652 ribu dan stablecoin Fei USD senilai US$616 ribu. Total dana yang dikembalikan ke dompet Ethereum ini adalah US$4,58 juta.

Peretas hanya menyisakan US$730 di dompet Binance Smart Chain dan US$110 di alamat Polygon. Kendati demikian, ia masih menyimpan US$267 juta di dompet Ethereum.

Dompet tersebut mencakup ETH senilai US$89,97 juta, stablecoin DAI senilai US$96,94 juta, Bitcoin senilai US$46,57 juta dan stablecoin USDT senilai US$33,42 juta. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img

Terkait