Pertajam Analisis Bitcoin Cs dengan 10 Layanan Ini

333

Mengkaji alias menganalisis aset kripto, termasuk Bitcoin, dewasa ini kian mudah. Ada beragam layanan yang menyediakan tool yang keren agar analisismu kian tajam.

Anda yang membaca ini mungkin berprofesi sebagai analis aset kripto. Atau setidaknya gemar trading atau penasaran menjadi investor.

Mungkin Anda mengalami kesulitan mendapatkan alat yang bagus agar analisis Anda lebih luas dengan sudut pandang yang lebih tajam. Dalam analisis tertentu, semakin banyak data yang kita himpun, maka semakin tajamlah hasil analisa kita.

Nah, di dunia aset kripto, dalam hal alat analisis, pada prinsipnya sama seperti aset ataupun produk investasi lain. Hanya saja yang berbeda adalah harus mempertimbangkan fluktuasi harga aset kripto yang memang tergolong tinggi dibandingkan jenis aset lain.

Itulah sebabnya, sejumlah layanan menyuguhkan fitur data on-chain, alias data asli yang berlangsung secara realtime di blockchain. Belum lagi, dengan mempertimbangkan faktor lain, seperti kabar berita yang berlalu-lalang dan berjubel.

Berikut 10 layanan yang memuat sejumlah tool agar analisis Bitcoin Cs Anda semakin tajam.

Dune Analytics — Menyediakan sejumlah dasbor khusus untuk sektor dan proyek yang telah ditetapkan sebelumnya pada metrik utama. Itu yang diperlukan untuk menilai “kesehatan” sebuah proyek. Anda bisa membuat dasbor khusus dengan SQL dengan memadukannya langsung ke blockchain Ethereum.

BERITA TERKAIT  Tokocrypto Resmi Luncurkan IEO SWIPE, Initial Exchange Offering Pertama di Indonesia

Nansen — Analisis on-chain ini menyediakan berbagai dasbor khusus sektor dan proyek. Secara khusus berguna untuk melacak perilaku pergerakan token jenis ERC-20 tertentu dari bursa, alamat unik dan pemegang besar (whale).

Token Terminal — Ini cocok untuk membandingkan metrik keuangan tradisional seperti pendapatan yang dihasilkan oleh berbagai protokol. Ia juga berrguna untuk menghasilkan perbandingan penilaian relatif.

DeFi Pulse — Metrik Total Value Locked (TVL) DeFi Pulse telah menjadi perkiraan de facto dari ukuran DeFi. Ia dihitung dengan menjumlahkan semua agunan aset kripto yang dikunci dalam protokol tertentu.

Etherscan — Kalau yang satu ini sangat terkenal dan termasuk paling banyak digunakan di seluruh duni. Ia adalah penjelajah blockchain Ethereum. Anda bisa menggunakannya termasuk memeriksa status transaksi on-chain saat ini, melihat melalui transaksi historis, melihat pemegang besar dari token tertentu, dan memantau biaya gas.

CoinMetrics — Layanan ini menyedian beragam data on-chain, harga, volume, penambangan, dan pasokan untuk hampir semua blockchain popular.

BERITA TERKAIT  Ada Rupiah Token (IDRT) di Open Platform Pundi X

Glassnode — Penyedia data ini cukup multiguna, yang menawarkan berbagai bagan dan dasbor seperti bagan “whale watcher” yang menunjukkan jumlah address yang memiliki saldo lebih dari 1.000 BTC.

IntotheBlock — Ini adaah alat analisis on-chain/pasar lain yang bagus untuk melakukan uji data secara menyeluruh. Ia menawarkan grafik unik untuk book order depth dan lain sebagainya.

Skew — Layanan ini khusus untuk menganalisasi perdagangan aset kripto di pasar derivatif alias non-spot market, seperti Bitcoin futures dan options.

Messari — Kalau yang satu cukup terkenal, datanya kerap jadi acuan sejumlah media aset kripto ternama. Core screener tool di Messari misalnya, memungkinkan Anda mengikuti pergerakan harga jangka pendek dan panjang. Sejumlah fitur tergolong bagus untuk melacak investasi berjenis crypto fund yang ternama. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO