Sejumlah perusahaan asuransi asal AS diperkirakan siap berinvestasi di Bitcoin melalui perusahaan jasa investasi New York Digital Investment Group (NYDIG).

NYDIG belum lama ini mengumumkan sudah mengantongi dana investasi senilai US$100 juta dari perusahaan asuransi besar, di antaranya Starr Insurance, Liberty Mutual Insurance, New York Life dan MassMutual.

MassMutual sendiri sudah berinvestasi Bitcoin secara langsung. Bitcoin itu bernilai US$100 juta yang dibeli pada Desember 2020, berkat bantuan NYDIG.

Dana investasi itu memastikan setiap perusahaan asuransi kelak memiliki exposure terhadap nilai Bitcoin untuk produk asuransinya.

“Terdepresiasinya nilai mata uang fiat menyebabkan inflasi, sekaligus meruntuhkan daya beli terhadap polis asuransi. Kami melihat masa depan yang didukung oleh Bitcoin lebih cerah,” kata Ross Stevens CEO NYDIG.

Gutmann mengatakan, dengan tambahan modal itu, diharapkan ekspansi Bitcoin ke ranah asuransi semakin kuat.

BERITA TERKAIT  Volatilitas dan Sinyal Bullish Bitcoin

Perusahaan telah mengumpulkan dana investasi lebih dari US$450 juta dalam enam bulan terakhir, terkait produk Bitcoin.

Produk itu didistribusikan ke beragam sektor, yakni asuransi, perbankan dan energi. Pada Februari 2021, NYDIG, bersama Morgan Stanley mengajukan pendaftaran ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS untuk meluncurkan Bitcoin Exchange-traded Fund (ETF).

ETF bernilai Bitcoin itu digadang-gadang sebagai instrumen paling manjur agar arus uang lebih banyak mengalir ke pasar Bitcoin, sebagaimana yang telah terbukti di Bitcoin ETF di Kanada sejak Maret 2021 lalu.

Bitcoin ETF bukanlah perdagangan Bitcoin yang asli, tetapi kontrak investasi berupa saham yang bisa diperdagangkan di bursa efek yang bersifat publik.

BERITA TERKAIT  Tyler Winklevoss: Ada Investor Cerdas Beli Bitcoin Secara Diam-diam

Nilai saham diasaskan pada harga di pasar spot berdasarkan indeks khusus. Saat ini yang mirip dengan Bitcoin ETF adalah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Perbedaanya hanya pada pasar tempat ia diperdagangkan, yakni ranah privat.

Kuat dugaan, jika Bitcoin ETF meluncur di AS, itu akan menjadi subjek acuan bagi produk-produk bernilai yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dan perbankan. [bar]

Protected with blockchain timestamps

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO