Perusahaan Ini Merugi Setara Rp146 Miliar Setelah Membeli Terra LUNA

Delphi Ventures, divisi investasi perusahaan Delphi Digital mengakui mengalami kerugian sebesar US$10 juta atau setara Rp146 miliar dengan kurs saat ini, setelah membeli Terra LUNA pada Februari 2022. Perusahaan belum menjual kripto mereka.

Delphi Digital adalah perusahaan yang kesekian kalinya mengaku mencetak kerugian setelah berinvestasi di kripto besutan Terraform Labs pimpinan Do Kwon itu.

Sebelumnya dengan pengakuan serupa adalah Binance dan Galaxy Digital. CEO perusahaan terakhir ini punya tato “LUNA” di lengannya pada Januari 2022 lalu, beberapa bulan sebelum masuk jurang.

Delphi Digital sebenarnya adalah perusahaan baru di bidang penelitian blockchain dan kripto. Selain bidang itu, mereka punya beberapa divisi, salah satunya adalah divisi ventura untuk urusan investasi, baik menggunakan dana perusahaan ataupun dana investor eksternal.

Rabu (18/5/2022) lalu, perusahaan memaparkan cukup terperinci sejauh mana keterlibatan investasi mereka di Terra LUNA, sekaligus menyebutkan sejumlah posisi kerugian keuangan mereka.

Membeli Terra LUNA

“Jatuhnya harga UST dan LUNA menguapkan nilai pasar total hampir US$40 miliar. Sejauh ini tidak jelas penyebabnya, apakah karena ‘serangan terkoordinasi’ oleh whale atau karena gerakan mirip bank run. Bisa dibilang ini adalah bencana terhebat kedua setelah skandal bursa kripto MtGox,” tulis perusahaan di situsnya.

Perusahaan menjelaskan, pihaknya melalui Delphi Ventures Master Fund membeli sejumlah kecil LUNA (sekitar 0,5 persen dari NAV [Net Asset Value] mereka) di pasar sekunder pada kuartal pertama tahun 2021.

Mereka mengaku hanya meningkatkan investasi sejak pembelian awal dan saat ini mengalami kerugian besar yang belum direalisasi (aset masih ditahan-Red).

Membeli Terra LUNA Senilai US$10 Juta

“Bahkan pada harga puncak LUNA tahun ini, LUNA dan aset Terra lainnya hanya mencapai sekitar 13 persen dari NAV di Delphi Ventures. Berdasarkan kesepakatan sebelumnya, kurang dari 5 persen dari total aset Delphi Ventures berada di perusahaan atau protokol yang terkait dengan ekosistem Terra. Ini termasuk keterlibatan Delphi Ventures putaran pendanaan ke LFG pada Februari 2022 yang mencapai US$10 juta. Dengan harga LUNA saat ini, pada dasarnya sudah nol,” sebut mereka.

Sebagai catatan, supply LUNA terus bertambah sejak 10 Mei 2022. Per 19 Mei 2022, terpantau lewat Messari, supply-nya mencapai 6.533.307.013.765,57 LUNA atau naik lebih dari 446790 persen jika dibandingkan dengan 12 Mei 2022 (1.461.947.359,03 LUNA).

Tak hanya perusahaan besar seperti Delphi yang mengalami kerugian besar dalam tempo sangat cepat. Di Korea Selatan, investor Terra LUNA Korsel diperkirakan mencapai 280 ribu orang dengan total kepemilikan 70 miliar LUNA. Sejauh ini baru sekitar 5 orang melaporkan lewat kantor pengacara besar, LKB & Partners.

investor terra luna korsel
Kantor pengacara Korsel, LKB & Partners dalam konferensi pers, 19 Mei 2022. Foto: Yon Hap.

“Do Kwon dan rekan pendiri Terraform Labs lainnya memberikan informasi tak benar tentang kesalahan algoritma di LUNA dan UST yang berdampak pada jatuhnya harga. Bahkan perusahaan terlibat dalam skema investasi yang menjanjikan keuntungan hingga 19,4 persen per tahun. Kami dan klien kami menilai itu sebagai bentuk penipuan,” kata kantor pengacara itu dalam siaran pers, dilansir dari kantor berita Yon Hap, Kamis (19/5/2022). [ps]

spot_img

Terkini

Terkait