spot_img
spot_img

Perusahaan Investasi Kuasai 4,3 Persen Bitcoin

Perusahaan investasi disebutkan menguasai sekitar 4,3 persen dari circulating supply Bitcoin (BTC) saat ini.

Menurut Arcane Research, perdagangan Bitcoin di bursa saat ini mencapai lebih dari 800 ribu BTC.

Perusahaan investasi pun ditengarai telah mengantongi lebih dari 800 ribu BTC atau setidaknya sekitar 4,3 persen dari pasokan beredar (circulating supply) saat ini (18.668.543 BTC, per 30 Maret 2021).

.Hal itu dipaparkan Vetle Lunde analis di Arcane Research, melalui Twitter-nya.

“Investasi Bitcoin yang diperdagangkan di bursa sekarang memiliki lebih dari 800 ribu BTC, setara dengan 4,3 persen dari pasokan Bitcoin yang beredar,” kata Lunde, Selasa (30/3/2021).

Sejak Malam Tahun Baru, lebih dari 100 ribu BTC telah diserap oleh dana Bitcoin (Bitcoin fund), tulis Vetle Lunde.

Secara total, kepemilikan Bitcoin fund berjumlah lebih dari US$46 miliar dengan harga saat ini. Grayscale dinilai masih memimpin sejauh ini, dengan menguasai 82 persen pasar.

Menurut laporan terbaru Grayscale yang diterbitkan Jumat lalu, perusahaan itu memiliki total aset digital senilai US$41 miliar.

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) pun merupakan bagian terbesar yang berjumlah sekitar US$34,7 miliar dalam bentuk BTC. Diikuti oleh Ethereum Trust dengan ETH senilai US$5,17 milyar.

Namun kata Lunde, dengan tiga Bitcoin ETF baru-baru ini di Kanada, dominasi Grayscale di pasar mulai tampak menurun.

Dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF merupakan jenis sekuritas khusus yang melacak harga aset tertentu agar dapat diperdagangkan di platform keuangan tradisional, seperti di bursa efek.

Dengan demikian, Bitcoin ETF memungkinkan investor institusional untuk mendapatkan eksposur terhadap volatilitas harga BTC tanpa harus membeli dan menyimpan Bitcoin aslinya.

Namun, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) di AS telah menolak seluruh aplikasi untuk Bitcoin ETG selama beberapa tahun terakhir, sehingga produk investasi ini masih tidak tersedia di AS.

Sementara, di sisi lain, tiga Bitcoin ETF di Kanada telah mencapai pangsa pasar 2,5 persen hanya dalam beberapa minggu sejak diperdagangkan, catat Lunde.

CryptoSlate, Fidelity Investments, SkyBridge Capital dan VanEck baru-baru ini mengajukan permohonan Bitcoin ETF yang baru. SEC belum sama sekali memberikan lampu hijau.  [bar]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait