Perusahaan Kripto Celsius Network Dituding Praktikkan Skema Ponzi

Perusahaan kripto Celsius Network dituding oleh mitra investasinya mempraktikkan skema ponzi, karena menggunakan uang penggunanya untuk menaikkan pamor kriptonya sendiri, CEL. Sebelumnya Celsius mengirimkan token bernilai Bitcoin, yakni Wrapped Bitcoin (WBTC) setara Rp7,9 triliun ke bursa kripto FTX, yang dikhawatirkan adanya potensi penjualan besar-besaran.

Hal itu disampaikan oleh Jason Stone dari KeyFi dalam gugatan hukumnya terhadap Celsius Network pimpinan Alex Mashinsky.

“Alex Mashinsky mempraktikkan skema investasi skema ponzi klasik, karena menggunakan dana pengguna untuk menutupi kewajiban dan kerugian besar yang disebabkan oleh salah urus,” sebut Jason yang bermitra dengan Celsius pada tahun 2020 dan tahun 2021, dalam dokumen gugatan di Manhattan, New York.

Jason menambahkan, bahwa Celsius gagal untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi nilai investasi penggunanya dalam menghadapi penurunan nilai aset kripto.

IKLAN

“Justru Celsius meninggalkannya secara besar-besaran. Mereka juga tidak pernah mempertahankan likuiditas yang cukup untuk menutupi simpanannya jika terjadi kejatuhan pasar yang besar dan bahwa Celsius menggunakan uang pengguna untuk mendukung dan menaikkan harga kripto mereka, yakni CEL untuk membayar investor sebelumnya. Ini adalah praktik skema ponzi klasik,” tegas Jason.

Perusahaan kripto Celsius.
Alex Mashinsky Pendiri dan CEO Celsius Network.

Celsius juga dituding melakukan kesalahan besar dalam mengelola dana penggunanya, gagal melakukan audit internal untuk mempertanggungjawabkan kewajibannya, dan memanipulasi aset kripto untuk kepentingan dirinya sendiri,” tertera pada dokumen itu.

Oleh sebab itu Jason merasa dirugikan baik secara finansial akibat kelalaian Celsius itu dan pada tahun 2021 telah memutuskan kemitraan, setelah mengetahui bahwa Celsius tidak mengambil langkah untuk melindungi investasinya, membiarkannya sepenuhnya terdampak menurunnya nilai pasar kripto.

Didirikan oleh Alex Mashinsky, Celsius adalah perusahaan hedge fund terkemuka di sektor kripto. Dari sejumlah layanan yang tersedia, Celsius terkenal sebagai pemberi pinjaman kripto dengan suku bunga premium hingga 18 persen.

IKLAN

Sebelum pasar kripto global ambrol, Celsius sempat mengelola dana lebih dari US$20 miliar yang digunakan untuk melakukan investasi di beberapa proyek kripto. Sebagian dari hasil investasi itulah yang diberikan kepada investor Celsius, seperti Jason, sebagai imbal hasil investasi.

Bahkan belum lama ini, perusahaan kripto itu terbukti telah menarik kripto agunan mereka berupa Wrapped Bitcoin (WBTC). Nilainya tak tanggung-tanggung, yakni mencapai setara Rp7,9 triliun. Semua kripto bernilai BTC itu ditransfer ke bursa kripto FTX. Publik was-was, karena BTC sebanyak itu bisa dijual secara bertahap demi menutupi kerugian Celsius. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait